Dinsos Lotim Bantu Warga Terdampak Musibah Angin Kencang dan Hujan Es

Kepala Dinas Sosial Lotim, saat ditemui di sela-sela kegiatannya, di Selong, Kamis (26/11/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Bencana alam angin kencang disertai hujan es pada Minggu (22/11) lalu, yang menyebabkan puluhan rumah rusak dan ratusan pohon tumbang. Melihat kondisi warga yang terdampak bencana, Dinas Sosial (Dinsos) Lotim distribusikan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Lotim, H Ahmad mengatakan, paket sembako yang diberikan oleh Dinsos Lotim tersebut hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama tujuh hari ke depan. Nantinya, setelah tujuh hari pihaknya akan melakukan evaluasi kepada masyarakat yang terdampak.

“Kita akan evaluasi itu, apakah dalam tujuh hari masyarakat masih membutuhkan bahan pokok atau kebutuhan seperti apa,” ucapnya saat ditemui Inside Lombok di Kantor Bupati, Kamis (26/11).

Dikatakannya, pihaknya mulai mendistribusikan bantuan kepada warga yang terdampak sejak hari Senin (23/11) lalu, dengan dibantu oleh Tenaga Kesehatan Sosial Kecamatan (TKSK). Pihkanya langsung meminta TKSK tersebut mendistribusikan bantuan sembari melihat kondisi warga terdampak.

“Kita berikan kepada beberapa desa yang paling parah, kita akan atensi yang lainnya seperti apa nantinya,” katanya.

Lanjutnya, untuk bantuan perbaikan rumah warga yang rusak merupakan tugas dari BPBD, akan tetapi pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Bupati dan juga BPBD terkait bantuan perbaikan rumah warga.

“Kita kemarin sudah rapat dengan BPBD dan juga Bupati serta beberapa instansi terkait untuk membuat tim penanganan,” tutupnya.