26.5 C
Mataram
Senin, 4 Maret 2024
BerandaSosokYosi Jorghi Maju di Pileg Dapil 3 Kota Mataram, Berikut Programnya

Yosi Jorghi Maju di Pileg Dapil 3 Kota Mataram, Berikut Programnya

Mataram (Inside Lombok) – Calon legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) 3 Kota Mataram yakni Yosi Jorghi, BA. IR dari Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan dirinya siap merebut kursi wakil rakyat pada 14 Februari 2024 mendatang.

Yoshi yang dikenal salah satu caleg termuda dan agamis di dapil 3 Kota Mataram membulatkan tekadnya untuk maju dalam kontestasi politik demi memperjuangkan hak masyarakat. Adapun ia maju dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut dengan membawa tiga program prioritasnya, yakni pendidikan, kesehatan, dan UMKM.

Yosi mengungkapkan secara garis besar pendidikan, kesehatan, dan UMKM adalah hal yang ia anggap penting dan menjadi kebutuhan utama masyarakat, berkenaan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat. “Tiga hal itu sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup demi kesejahteraan masyarakat,” terangnya, Jumat (26/01/2024).

Salah satu caleg termuda di dapil 3 Kota Mataram itu menegaskan semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang setara, yaitu wajib belajar 12 tahun dari SD hingga SMA untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Setelah itu dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni di bangku perkuliahan atau pelatihan pra kerja jika diperlukan.

- Advertisement -
Yosi Jorghi saat berdiskusi dengan masyarakat. (Inside Lombok/Ist)

“Pendidikan salah satu yang kita perjuangkan, insyaallah itu nanti dapat kita lakukan demi menunjang SDM yang lebih baik,” tuturnya. Pendidikan salah satu faktor yang penting dalam menggapai cita-cita, hal itu dirasa sangat penting mengingat tingginya keluhan tentang susahnya memperoleh lapangan pekerjaan saat ini.

Setelah generasi muda mendapat pendidikan yang layak, selanjutnya yakni memikirkan bagaimana mereka dapat menyalurkan ilmu yang didapatkannya. “Yang menjadi perhatian saya juga adalah bagaimana mereka bisa memperoleh lapangan pekerjaan. Dalam kapasitas DPRD kota saya pikir hal yang paling realistis adalah mendorong pertumbuhan UMKM agar mereka bisa berwirausaha,” ungkapnya.

Pertumbuhan UMKM yang masif tentunya sangat diharapkannya, di mana melalui dunia usaha itu dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat khususnya di sekitar Ampenan. Selain itu, Yosi juga akan menyediakan pelatihan pra kerja supaya generasi muda bisa mendapatkan pelatihan sesuai dengan SDM yang diperlukan.

Yosi Jorghi saat berdiskusi dengan masyarakat. (Inside Lombok/Ist)

Tak hanya pendidikan, kesehatan juga menjadi hal dasar yang paling penting dalam kehidupan. Sehingga fokus utama Yosi adalah memberikan sosialisasi mengenai pentingnya kesadaran orang tua tentang kesehatan dan pertumbuhan gizi anak seperti pentingnya ASI eksklusif hingga imunisasi. Ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk menurunkan angka stunting. “Selain itu saya ingin semua masyarakat bisa menjadi lebih nyaman dan mudah mendapatkan akses ke fasilitas fasilitas kesehatan terdekat,” tuturnya.

Bukan hanya itu saja, di mana melalui kursi DPRD, pemuda yang dikenal agamis itu dapat memberi solusi dalam bentuk program-program fisik dan non fisik, juga membantu menyuarakan aspirasi masyarakat dalam menjalankan fungsi legislasi dan pengawasan terhadap eksekutif dalam menjalankan pemerintahan agar sejalan dengan kebutuhan masyarakat. “Secara umum apa yang menjadi aspirasi masyarakat itu kita akan perhatikan betul karena itulah tugas kita sejatinya menjadi wakil rakyat,” pungkasnya.

Yosi berharap pada tahun 2024 Allah memberikan ridhonya untuk dapat terpilih menjadi wakil rakyat yang amanah dan dapat menjalankan tugasnya sesuai amanat undang-undang. Sehingga nantinya ia benar-benar bekerja untuk rakyat, berjuang untuk rakyat, dan berbuat untuk rakyat. “Insyaallah semoga Allah meridhoi perjuangan ini dan dapat membawa aspirasi masyarakat wilayah Ampenan ke kursi wakil rakyat,” harapnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer