Di Gerung, Pelajar SMP Tidur Saat UNBK

Sejumlah siswa tertidur
Sejumlah siswa tertidur saat menunggu listrik menyala kembali pada pelaksanaan UNBK di SMPN 4 gerung, Senin (23/4). (Inside Lombok/IST)

Giri Menang (Inside Lombok) – Pengerjaan soal sesi pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Gerung Lombok Barat diwarnai pemadaman listrik. Sejumlah siswa bahkan sampai tertidur saat menunggu listrik hidup kembali.

Pemadaman itu terjadi pada pukul 09.00-10.00 Wita. Hal ini menyebabkan banyak peserta ujian kurang semangat dan akhirnya tertidur.

Kepala SMPN 4 Gerung, Rohana menjelaskan bahwa pemadaman itu diakibatkan adanya pohon yang menimpa kabel listrik di Kuripan. Ia mengetahui hal itu setelah mendapat kabar dari PLN.

Rohana mengatakan padamnya listrik itu sempat membuat siswa panik. Sebab sebagian siswa sudah hamper usai mengerjakan soal ujian. Sementara sisa waktu pengerjaan soal masih tinggal 30 menit lagi.

“Tadi ada yang sudah jadi cuma belum log out (keluar) saja,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa sebelum pelaksanaan UNBK ini dimulai, pihaknya sudah bersurat kepada PLN. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya pemadaman listrik.

“Tapi mungkin ini karena faktor tidak kesengajaan makanya mati,” ujarnya.

Pihak sekolah juga sudah menyediakan genset sebagai langkah antisipasi. Namun, genset yang disediakan ternyata tidak dapat memenuhi daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan semua komputer.

Rohana berharap pemadaman listrik ini tidak terjadi lagi. Terutama pada saat pelaksanaan UNBK. Sebab pihaknya tidak mengginginkan kosentrasi 252 peserta UNBK di SMPN 4 Gerung terganggu karena listrik yang padam. (IL1)