29.5 C
Mataram
Senin, 6 Mei 2024
BerandaBerita UtamaPenundaan Keberangkatan CJH Tidak Berimbas pada Pendaftar Haji di Lobar

Penundaan Keberangkatan CJH Tidak Berimbas pada Pendaftar Haji di Lobar

Lombok Barat (Inside Lombok) – Keberangkatan calon jamaah haji (CJH) kembali ditunda. Sehingga masa tunggu haji menjadi lebih panjang. Namun, hal itu diklaim tidak mengurangi antusias masyarakat untuk mendaftar. Bahkan sehari bisa sampai 11 orang yang mendaftar di Lombok Barat.

“Dari bulan Mei Alhamdulillah lumayan yang daftar, sehari bisa sampai 11 orang” ungkap Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Lobar, Hj. Lale Puspasari, belum lama ini.

Bahkan itu berbanding terbalik jika dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu. Di mana sebelum bulan Mei, kata dia perharinya calon jamaah di Lombok Barat yang mendaftar hanya bisa dihitung jari.

“Kalau sebelum Mei itu per harinya hanya satu atau dua orang yang daftar,” ujarnya.

- Advertisement -

Sehingga walaupun tahun ini keberangkatan CJH kembali tertunda. Namun itu diakuinya tidak begitu berimbas terhadap antusias masyarakat yang mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji. Walaupun masa tunggu untuk keberangkatan haji di NTB sendiri sampai 34 tahun.

“Walaupun CJH tahun ini tidak jadi berangkat, tapi antusiasme masyarakat Alhamdulillah,” imbuhnya.

Sementara untuk jumlah calon jemaah haji Lombok Barat yang masih menunggu masa keberangkatan, Lale menyebut, jumlahnya ada sekitar 20 ribu lebih.

Antusias ini pun terlihat dari jumlah CJH yang mengajukan untuk penarikan dana pelunasan haji di Lobar. Hingga sejauh ini baru ada dua orang dari 555 CJH yang batal berangkat tahun ini.

“Kalau di Lombok Barat, baru dua orang dan itu pun baru usulannya saja” bebernya.

Bahkan jika dibandingkan dengan tahun lalu, disebutnya, ada lima orang CJH yang mengambil pelunasannya.

- Advertisement -

Berita Populer