29.5 C
Mataram
Jumat, 25 Oktober 2024
BerandaLombok TimurLabuhan Lombok Jadi Satu-satunya Wakil Lotim di Ajang ADWI 2023

Labuhan Lombok Jadi Satu-satunya Wakil Lotim di Ajang ADWI 2023

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pad ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mengikutsertakan 16 desa wisata sebagai perwakilan. Namun sampai dengan memasuki 75 besar, hanya Desa Labuhan Lombok yang berhasil lolos.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Timur, Iswan Rakhmadi mengatakan dalam ADWI 2023 hanya 5 desa di Lotim yang berhasil masuk ke 500 besar. Setelah melalui berbagai tahapan penilaian, maka yang masuk 75 besar pun hanya Desa Labuhan Lombok.

“Tahapan akhir kita sedang menunggu penilaian dari Kemenparekraf yang akan mengunjungi Labuhan Lombok secara langsung,” katanya pada Inside Lombok, Kamis (30/03).

Keunggulan yang dibawa Desa Labuhan Lombok sehingga mampu bersaing di tahap 75 besar adalah potensi keindahan alam, homestay, diving, monumen laut, goa biawak, dan budaya. “Di sana juga ada pusat kerajinan bambu yang menjadi penyangga pariwisata,” terangnya.

- Advertisement -

Nantinya Desa Labuhan Lombok akan bersaing dengan 75 desa wisata di seluruh Indonesia untuk memperebutkan 5 kategori terbaik. Antara lain kategori pengunjung, homestay dan toilet, souvenir, digital & kreatif, kelembagaan desa wisata, dan CHSE (cleanliness, health, safety, environment).

“Semoga pada verifikasi penilaian akhir kita bisa mendapatkan hasil yang baik dan melaju ke tahap selanjutnya dan mampu meraih kategori,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer