32.5 C
Mataram
Senin, 30 September 2024
BerandaEkonomiTransaksi Digital Semakin Digandrungi, Sudah Ada 293.823 Pengguna QRIS di NTB

Transaksi Digital Semakin Digandrungi, Sudah Ada 293.823 Pengguna QRIS di NTB

Mataram (Inside Lombok) – Transaksi digital menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tercatat terus meningkat di NTB, seiring tumbuhnya kesadaran dan kebutuhan masyarakat. Kehadiran ragam inovasi ini tentunya harus dibarengi dengan tingkat literasi di masyarakat.

“Per Juni 2023, jumlah pengguna QRIS di NTB telah mencapai 293.823 pengguna dengan total volume transaksi mencapai 2.880.089 kali dan nominal transaksi mencapai Rp329,57 miliar,” ujar Kepala Bank Indonesia (BI) NTB, Berry Arifsyah Harahap, Selasa (22/8).

Selain itu, saat ini sudah ada 238.753 merchant pengguna QRIS yang tersebar di seluruh NTB. Untuk Kota Mataram sendiri merupakan wilayah dengan jumlah merchant terbanyak dengan total mencapai 70.891 unit. Mengingat banyaknya masyarakat Kota Mataram lebih memilih bertransaksi digital, karena dirasa lebih mudah dan aman.

Dikatakan, Bank Indonesia memastikan akan terus mendorong akselerasi digitalisasi sistem pembayaran untuk inklusi ekonomi keuangan dan kerja sama antarnegara. Untuk memperkuat sistem transaksi digital ini, BI memutuskan untuk mempertajam strategi digitalisasi sistem pembayaran untuk perluasan inklusi ekonomi dan keuangan digital.

- Advertisement -

“Kami juga bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia baru saja meluncurkan QRIS TUNTAS pada 17 Agustus 2023 lalu bertepatan dengan HUT ke-78 Republik Indonesia,” tuturnya.

Fitur QRIS TUNTAS memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan transfer dana antar pengguna QRIS, serta tarik tunai, dan setor tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau Cash Deposit Machine (CDM) serta agen QRIS TUNTAS. Implementasi QRIS TUNTAS bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PIP) yang telah siap untuk mengembangkan fitur dimaksud dilakukan secepat-cepatnya 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023.

“Melalui momentum ini Bank Indonesia berharap masyarakat dapat memahami ragam keunggulan transaksi keuangan digital yang semakin memudahkan, efisien, aman dan handal,” imbuhnya. (dpi)

- Advertisement -


Berita Populer