28.5 C
Mataram
Kamis, 24 Oktober 2024
BerandaLombok TimurSalat Istisqa dan Doa untuk Palestina Digelar di Selong

Salat Istisqa dan Doa untuk Palestina Digelar di Selong

Lombok Timur (Inside Lombok) – Jajaran pejabat dan perangkat kecamatan di Selong, Lombok Timur menggelar salat istisqa dan doa bagi warga palestina di halaman Kantor Kecamatan setempat, Jumat (3/11). Kegiatan itu diikuti semua aparatur mulai dari ASN, forkompimcam, TNI-Polri, lurah, kepala desa, kepala lingkungan hingga semua kader di Kecamatan Selong.

Kepala KUA Selong, Khairil Anwar yang menjadi khotib pada kegiatan tersebut mengatakan dalam kondisi apapun senantiasa mengajak jemaah untuk tetap bersyukur, meski saat ini ditimpa oleh krisis air di musim kemarau. Menurutnya, melalui ujian seperti saat ini Allah SWT menguji tingkat kesabaran hambanya.

“Lewat krisis saat ini, Allah mengingatkan kita tentang berbagai kekurangan kita terutama dalam menjalankan perintah-Nya. Sehingga kita harus senantiasa bersyukur dan meminta kepadanya,” ucapnya.

Salat istisqa papar Khairil, merupakan perintah Allah sebagaimana tertuang dalam Al Quran dan hadist Rasulullah SAW. Salat ini dilaksanakan di saat umat Islam mengalami musibah kekeringan yang berkepanjangan.

- Advertisement -

Dijelaskan, penyebab bencana melanda di antaranya tidak lepas dari dosa dan perilaku manusia di bumi. Semua perilaku negatif manusia bisa menjadi pemicu bencana termasuk krisis air bersih akibat kekeringan. “Karena itu, marilah kita sebarkan salam, tebarkan kebaikan, saling tolong satu sama lain dan semoga Allah mengabulkan doa kita,” imbuhnya.

Selain itu, umat Islam juga diajak berempat terhadap perang yang melanda Palestina. “Mari kita sama-sama berdoa dan punya empati terhadap saudara-saudara kita yang sedang berjuang di Palestina,” tutupnya.

Terpisah, Camat Selong, Baiq Widiani Astuti mengatakan salat istisqa dilaksanakan untuk memohon hujan kepada Tuhan, karena sampai sekarang kemarau panjang masih melanda, termasuk di wilayah Selong.

“Ini sebagai bentuk penghambaan kita, memohon kepada Allah SWT agar segera turun hujan di wilayah Selong dan sekitarnya,” ucapnya usai mengikuti salat istisqa bersama jajaran forkompimcam.

Selain salat istisqa, lanjut Widia, kegiatan ini dirangkaikan dengan doa bersama untuk umat Islam di Palestina. “Ini bentuk solidaritas kita dengan sesama muslim yang saat ini mengalami penderitaan dan kita sediakan kotak infaq untuk kita berikan infaq terbaik kita ke saudara-saudara kita (di Palestina),” tutupnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer