24.5 C
Mataram
Kamis, 24 Oktober 2024
BerandaPariwisataMinim Event Jelang Nataru, Hotel di Mataram Masih Sepi Tamu

Minim Event Jelang Nataru, Hotel di Mataram Masih Sepi Tamu

Mataram (Inside Lombok) – Tingkat hunian kamar hotel di Kota Mataram sampai minggu kedua Desember 2023 ini masih belum menunjukkan peningkatan. Lain halnya dengan hotel-hotel di sekitar destinasi wisata yang sudah mulai bergeliat dari sisi okupansi jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.

Masih minimnya pergerakan tamu di hotel-hotel di Kota Mataram salah satunya diduga lantaran tidak ada event yang diselenggarakan di ibu kota NTB itu dalam menyemarakkan Nataru. Padahal diharapkan dengan adanya event bisa menggaet beberapa kunjungan wisatawan, mengingat selain libur Nataru saat ini sudah memasuki masa libur sekolah juga.

“Libur sekolah baru dimulai, para wisatawan akan berkunjung ini juga belum memutuskan untuk tinggal di mana jika berwisata ke Lombok. Di satu sisi kita juga belum tahu, mau ada event digelar atau tidak di Kota Mataram, tapi yang pasti akan ada event di Mandalika Lombok Tengah. Mungkin itu juga membuat hunian hotel kita masih datar-datar saja,” ungkapnya Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM), Made Adiyasa Kurniawan, Selasa (19/12).

Diakuinya pada awal-awal Desember banyak hotel di Mataram ketiban berkah dari banyaknya kegiatan digelar oleh pemerintah daerah dan BUMN. Namun kini belum ada pergerakan lagi setelah banyaknya kegiatan tersebut. “Harapannya dengan adanya event dalam kota maka okupansi hotel di kota Mataram pada nataru bisa naik signifikan,” imbuhnya.

- Advertisement -

Okupansi atau tingkat hunian hotel di Kota Mataram pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena relatif landai belum ada lonjakan yang signifikan. Padahal diharapkan dengan kondisi pariwisata sekarang kian membaik, maka tingkat hunian kamar hotel sedikit ada pergerakan.

“Ya sedikit berbeda dengan tahun kemarin sebab sekarang masih relatif sepi. Begitu juga temen-temen hotel lainnya ngomongnya sama yakni beda ya dengan tahun lalu atau bulan lalu. Jadi kalau year on year kita juga turun tahun ini,” akunya.

Disisi lain, untuk harga kamar hotel saat ini juga tidak mengalami kenaikan dan masih normal karena belum banyaknya bookingan atau pemesanan kamar hotel. “Harga masih normal, belum ada kenaikan sampai sekarang, tamu juga belum banyak untuk di Mataram. Lain kalau di hotel-hotel destinasi pariwisata,” ujarnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer