29.5 C
Mataram
Senin, 30 September 2024
BerandaEkonomiMelek Digital, Pengusaha Perempuan di LWC Kian Berkembang

Melek Digital, Pengusaha Perempuan di LWC Kian Berkembang

Mataram (Inside Lombok) – Peran perempuan dalam memajukan perekonomian Indonesia, termasuk di NTB, tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih UMKM yang dijalankan para perempuan mampu berkontribusi terhadap ekonomi daerah.

Berdayanya perempuan pengusaha ini didukung juga dengan penguasaan pada teknologi, sehingga digitalisasi mungkin dilakukan. Hal ini salah satunya tercermin dari berkembangnya Lombok Womanpreneur Club (LWC), sebuah wadah yang menaungi para perempuan pengusaha.

Para pengusaha perempuan yang tergabung di LWC hampir seluruhnya melek digital. Di mana memanfaatkan digital untuk memasarkan produk mereka dan mampu meningkatkan penjualan pada produk mereka. Mengingat saat ini teknologi digital menjadi kebutuhan bagi masyarakat, karena dengan digital dapat mengakses semua informasi.

“LWC ini memang perempuan-perempuan yang usia seperti saya (kurang lebih 30 tahun ke atas, Red) sedang produktif untuk mereka mengembangkan usaha. Mereka adaptif melihat peluang,” ujar Ketua LWC, Indah Purwanti, Kamis (11/1).

- Advertisement -

Untuk melek digital para pengusaha mereka perempuan di LWC tidak sulit. Di mana mereka mengadakan kegiatan bisnis talk yang diadakan setiap minggu bagi para anggota LWC. Pada kegiatan ini, para pengusaha mereka diajak, agara bagaimana mereka bisa memanfaatkan digital dengan baik dan bisa menguntung buat usahanya. Terutama digital marketing.

“Maka kita buat perempuan wirausaha milenial. Jadi tidak ada yang awam sama digital (disana, Red) karena isinya kelas kita bisnis talk itu kebanyakan tentang digital marketing,” ucapnya.

Lebih lanjut, bagaimana mereka harus memasarkan produknya, menaikkan penjualan dan sebagainya. Bahkan para anggota LWC diberikan fasilitas lainnya sebagai pendukung mengembangkan usaha mereka, dari usaha kecil hingga menjadi usaha besar.

“Banyak banget fasilitas yang diberikan LWC bagi UMKM, bahkan tidak sedikit diantaranya mengalami perubahan dalam usaha mereka. Ada beberapa usaha kuliner dari sebelumnya gerobakan sekarang sudah ada outlet dimana-mana,” terangnya.

Saat ini, jumlah anggota pengusaha perempuan di LWC kurang lebih sekitar 300-an pengusaha, baik itu pengusaha baru maupun pengusaha lama yang melakukan aktivasi keanggotaan. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah hingga akhir Januari 2024 mendatang. Ditambah ada keuntungan juga bagi para anggota, dimana mereka dapat saling membantu promosikan bisnis antara anggota satu dengan lainnya.

“Kita disini ada seleb preneur yang punya followers yang banyak. Jadi solopreneur ini membantu mempromosikan bisnis member lain, sehingga mereka masing-masing mendapatkan keuntungan untuk usaha mereka,” demikian. (dpi)

- Advertisement -


Berita Populer