23.5 C
Mataram
Sabtu, 21 September 2024
BerandaLombok BaratLelang Proyek Renovasi Bencingah Agung Lobar Masih Tunggu Hasil Peninjauan Inspektorat

Lelang Proyek Renovasi Bencingah Agung Lobar Masih Tunggu Hasil Peninjauan Inspektorat

Lombok Barat (Inside Lombok) – Lelang tender renovasi Bencingah Agung kantor Bupati Lobar bersama pengerjaan empat ruas jalan di tiga kecamatan ditarget segera tayang di Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULP-BJ) Setda Lobar pekan ini. Seluruh proyek itu masih menunggu hasil tinjauan Inspektorat keluar.

Kadis PUTR Lobar, Lalu Winengan mengatakan bahwa anggaran pengerjaan kelima proyek tersebut menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU). “Kalau tidak hari ini (Jumat pekan lalu), Senin (hari ini, Red) sudah tayang di ULP,” terang Winengan yang dikonfirmasi di ruang kerjanya akhir pekan kemarin.

Dituturkan, proses lelang tender Bencingah Agung tersebut belum juga tayang lantaran masih menunggu peninjauan dari Inspektorat. Peninjauan ini diakuinya berkaitan soal harga, serta ada juga pendampingan dari Inspektorat Lobar dan Kejari Mataram. “Pendampingan itu berlaku khusus untuk program strategis. Selain Bencingah Agung, termasuk juga 4 paket perbaikan jalan itu,” jelasnya.

Winengan pun membantah jika proyek renovasi Bencingah Agung itu dikatakan molor. Lantaran adanya proses peninjauan, maka pihaknya harus mengubah beberapa hal. Terlebih, renovasi Bencingah Agung dan perbaikan empat ruas jalan diantaranya, jalan Banyu Urip, Mareje, Selodong dan dua lainnya di Sekotong itu menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU). “Tidak molor, kalau DAK dan kontrak itu berakhir Juli. Sedangkan DAU masih bisa sampai bulan Agustus. Bencingah dan empat ruas jalan ini bersumber dari DAU,” tegasnya.

- Advertisement -

Lebih jauh, Winengan menjabarkan nominal anggaran untuk renovasi Bencingah Agung tersebut angka terakhirnya di DIPA sebesar Rp1,3 miliar. Sedangkan untuk empat ruas jalan itu sendiri nilainya mencapai Rp4,8 miliar. “Untuk jalan, itu Rp4,8 miliar. Dan anggarannya tergantung apakah pakai hotmix, atau pakai beton, tentu nilainya beda,” pungkas pria berkepala plontos ini.

Terkait kapan pengerjaannya akan dimulai, Winengan menegaskan bahwa proses lelang sampai dengan pengumuman lelang itu biasanya memakan waktu kurang lebih sekitar 25 hari. “Jadi setelah itu bisa langsung dikerjakan,” tutupnya singkat. (yud)

- Advertisement -


Berita Populer