28.5 C
Mataram
Kamis, 24 Oktober 2024
BerandaBerita UtamaPutu Esa Indrastra Nugraha Dapat Medali Emas IPA SD Dalam OSN Tingkat...

Putu Esa Indrastra Nugraha Dapat Medali Emas IPA SD Dalam OSN Tingkat Nasional

Mataram (Inside Lombok) – Putu Esa Indrastra Nugraha atau yang dipanggil Tata sudah mengikuti berbagai lomba dan olimpiade matematika sejak usia 5 tahun di TK Aletheia. Tahun 2024 ini, mendapatkan Medali Emas IPA SD dan penghargaan sebagai The Best Overall IPA SD dalam OSN tingkat nasional.

 

dr. Sang Ayu Kompiyang Indriyani, Sp.A(K), M.Kes orang tua Tata mengatakan olimpiade Sains Nasional (OSN) pertama yang diikutinya adalah saat kelas IV SD yaitu mata pelajaran matematika. Olimpiade melalui daring dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan akhirnya tingkat nasional mewakili Provinsi NTB mendapatkan medali Perak OSN Matematika SD tingkat nasional 2023.

 

- Advertisement -

“Setelah mendapat medali Perak OSN Matematika SD tingkat nasional 2023, maka di kelas 5 SD selanjutnya Tata mempersiapkan diri untuk mengikuti mata pelajaran IPA SD,” katanya.

Persiapan dimulai dengan melakukan bimbingan secara khusus sejak September 2023. Bimbingan yang dilakukan yaitu satu kali seminggu selama 1,5 jam selesai pulang sekolah. Pengenalan materi IPA SD baik fisika, biologi, dan kimia diajarkan secara bertahap sekali seminggu.

 

“Meskipun lelah dan masih berseragam sekolah, Tata tetap semangat untuk mengikutinya. Pak Sutrio dengan sabar dan teliti membimbing Tata dalam teori maupun praktikum IPA,” katanya.

 

Seleksi OSN untuk IPA SD di sekolah digelar secara luring dan dinyatakan lolos ke tingkat Kota Mataram. Seleksi tingkat Kota, Tata sapaan akrabanya dinyatakan lolos dan dipersiapkan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi.

 

“Tata tetap menyempatkan diri 1-2 jam per hari untuk membaca IPA untuk persiapan OSN. Seluruh keluarga sangat mendukung Tata untuk persiapan OSN ini,” ungkapnya.

 

Setelah mengikuti berbagai seleksi, dinyatakan lolos untuk mewakili NTB tingkat nasional. Pada saat pengumuman tersebut, Tata sedang mewakili NTB dalam olimpiade Matematika di Luar Negeri.

 

“Seleksi provinsi yang juga secara daring pada tanggal 20 Juni 2024 dan syukurlah berhasil lolos ke nasional,” kata Ibunya.

 

Berbagai kegiatan lomba yang diikuti misalnya final World Mathematics Invitational (WMI) 2024 di Kuala Lumpur dan mendapat Gold Award untuk Indonesia. Selain itu, final Singapore International Math Olympiad Challenge (SIMOC) 2024 di Singapore dan juga mendapatkan Gold Award untuk Indonesia.

 

“Terima kasih kepada Tuhan, keluarga, ibu bapak guru Sekolah Kristen Aletheia Ampenan, Pak Sutrio, Dinas Pendidikan Tingkat Kota Mataram dan Dinas Pendidikan Provinsi NTB dan semua tim kontingen NTB yang hebat. Semua pihak yang sudah membantu dan memberikan doa serta semangat kepada Tata,” pungkasnya. (Azm)

- Advertisement -

Berita Populer