24.5 C
Mataram
Jumat, 25 Oktober 2024
BerandaBerita UtamaDorong Ekonomi Lokal, Pertamina Dukung Pengembangan UMKM 

Dorong Ekonomi Lokal, Pertamina Dukung Pengembangan UMKM 

Mataram (Inside Lombok)- PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menunjukan komitmen mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. Dukungan tersebut untuk pengembangan ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM, serta membantu menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

 

Area Manager Comm, Rel & CSR Ahad Rahedi mengatakan melalui berbagai program dan pembinaan, Pertamina berperan aktif dalam memperkuat sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian daerah. Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus telah meluncurkan beberapa program yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM.

 

- Advertisement -

“Program tersebut mencakup pelatihan dasar usaha, sertifikasi, hingga pendampingan usaha. Pertamina juga membantu mitra binaan dalam memperluas pemasaran baik melalui pameran lokal, nasional, hingga internasional,” ujar, Ahad Rahedi, dalam keterangan rilisnya, Selasa (13/8).

 

Dikatakan, pertamina tumbuh bersama masyarakat. Bahkan menjadi bagian dari perjalanan sukses mitra binaan UMKM mereka. Dimana pembinaan yang diberikan tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan bisnis mereka, tetapi juga untuk menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang positif di masyarakat.

 

“Kami percaya bahwa dengan mendukung UMKM, kami turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” terangnya.

 

Hingga saat ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus telah memiliki lebih dari 8.897 mitra binaan di berbagai sektor usaha. Program kemitraan ini tidak hanya fokus pada peningkatan kapasitas usaha, tetapi juga berupaya menciptakan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan lingkungan.

 

Dalam menjalankan program pembinaan UMKM, Pertamina Patra Niaga juga berkomitmen untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Program-program ini khususnya mendukung pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan keterampilan kerja.

 

“Selain itu, melalui pengembangan UMKM, Pertamina turut berkontribusi dalam mengurangi kesenjangan dan mempromosikan inovasi serta infrastruktur yang berkelanjutan,” jelasnya.

 

Sementara itu, pemilik dari D’Etnick Jewellery dari Lombok Timur Janual Aidi mengatakan, bahwa dirinya merasakan dampak positif dari program pembinaan Pertamina. Dimana perbedaan sangat terasa setelah bergabung menjadi Mitra Binaan Pertamina. Selain mendapatkan pelatihan online dan offline serta suntikan modal usaha, hal yang sangat terasa manfaatnya.

 

“Kami yakni bisa mengenalkan produk-produk unggulan kami melalui event-event besar berskala Nasional maupun Internasional, seperti Inacraft, Trade Expo Indonesia, GP Mandalika, KTT Asean bahkan China ASEAN Expo,” ujarnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer