31.5 C
Mataram
Senin, 28 Oktober 2024
BerandaDaerahNTBPlan Indonesia Gelar Lari Amal Jelajah Timur di NTB, Perluas Jangkauan Pembangunan...

Plan Indonesia Gelar Lari Amal Jelajah Timur di NTB, Perluas Jangkauan Pembangunan Akses Air Bersih di Dua Desa

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Sebanyak 80 pelari dari berbagai profesi ikuti dalam lari amal ultra marathon Jelajah Timur oleh Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), di NTB pada 25-26 Oktober 2024. Para pelari menempuh waktu kurang lebih 20 jam dari Sembalun, kaki Gunung Rinjani, menuju Pantai Kuta Mandalika, dengan misi mewujudkan akses air bersih yang inklusif dan setara.

Direktur Eksekutif Plan Indonesia sekaligus pelari Jelajah Timur, Dini Widiastuti menyampaikan bahwa tahun ini merupakan kali pertama Jelajah Timur diadakan di NTB. Setelah sebelumnya, selama lima kali, Jelajah Timur selalu berlokasi di NTT.

“Tidak hanya di NTT, banyak wilayah di NTB juga memiliki akses terbatas terhadap air bersih. Data BPBD 2024 menunjukkan sekitar 500 ribu jiwa di 77 kecamatan terdampak kekeringan, termasuk anak-anak, perempuan, dan disabilitas yang harus membeli atau antre berjam-jam untuk mendapatkan air,” ujarnya.

Kondisi ini menambah beban, terutama bagi perempuan dan anak perempuan yang bertanggung jawab atas kebutuhan rumah tangga, mengganggu pendidikan mereka, dan meningkatkan kerentanan ekonomi.

- Advertisement -

Sementara, itu Kepala Desa Wakan, Sarijul Basri menambahkan, ketersediaan air memang menjadi persoalan yang mereka hadapi saat ini. Menurutnya, masalah air bersih tidak hanya untuk konsumsi, tetapi juga mandi, cuci, dan kakus (MCK).

“Di NTB, musim kemarau panjang dan curah hujan rendah, sehingga sumber air tanah terbatas. Selain itu, medannya berbukit jadi distribusi air bersih ke seluruh wilayah menjadi sulit. Jadi kebanyakan warga hanya bisa mengandalkan air hujan atau membeli air bersih yang tentunya membebani biaya rumah tangga,” katanya. Pihaknya, menyampaikan berterima kasih atas upaya Plan Indonesia dalam memperluas jangkauan pembangunan akses air bersih bagi semua orang.

Sebagian informasi, Desa Wakan adalah salah satu desa yang akan mendapatkan manfaat dari kegiatan Jelajah Timur 2024 ini. selain desa Wakan, desa Bilelando di Lombok Tengah juga menjadi desa yang akan dibantu. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer