Mataram (Inside Lombok) – Sebanyak 30 pelaku IKM dari berbagai jenis, baik kriya, kuliner hingga fesyen akan tampil pada event Ite Begawe Fest yang akan dilaksanakan 6-8 Desember 2024. Event ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dan pemanfaatan Produk Dalam Negeri (PDN) tahun 2024.
Terpilihnya 30 IKM seleksi dari sekitar 1047 IKM yang telah mendaftar. Proses seleksi ini telah berlangsung sejak Februari 2024 dengan dilakukan pembinaan secara intensif, selektif dan memotivasi bagi yang lainnya. Sehingga terpilihlah sejumlah IKM tersebut.
“Kita berharap kedepannya 30 IKM yang terpilih ini untuk memotivasi IKM-IKM lainnya. Karena 30 IKM ini diharapkan semakin naik kelas, dan sebagai IKM-IKM yang akan mensuplai rantai pasok. Jadi tidak semua di hilir tetapi juga bisa menjadi rantai pasok,” ujar Kepala Dinas Perindustrian (Diperin) NTB, Hj Nuryanti, Selasa (12/11).
Jadi 30 IKM akan ada diberikan reward untuk 5 IKM pada hari H kegiatan Ite Begawe Fest. Terpilihnya 5 IKM ini dilihat dari keaktifannya mengikuti semua kegiatan pembinaan. Kemudian apakah ada peningkatan yang signifikan, dari sebelum dan sesudah kegiatan dan jumlah omsetnya.
“Jadi kegiatan itu (Ite Begawe Fest,red) salah satu target kami untuk meningkatkan omset, maka kita mulai melakukan kerjasama dengan media untuk mengekspos IKM ini,” jelasnya.
Dengan harapan setelah diekspos di media, minat milenial ataupun gen Z semakin tertarik dengan dunia usaha. Disisi lain, 5 IKM yang terpilih tersebut semaksimal mungkin dibina. Dengan tujuan agar kepercayaan diri pelaku usaha ini tumbuh dan kesadaran publik untuk belanja produk lokal menjadi kesadaran bersama.
“Ini IKM yang akan kita memberikan pendamping khusus untuk naik kelas. Kita juga berharap menjadi role model dengan pembinaan manajemen yang rapi, digital marketing juga jalan dan target kita masuk e-katalog semua,” demikian. (dpi)