31.5 C
Mataram
Senin, 4 Maret 2024
BerandaAdvetorialGo Green! Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Bumigora University Accounting Club pada Desa...

Go Green! Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Bumigora University Accounting Club pada Desa Guntur Macan yang Terdampak Longsor

Lombok Barat (Inside Lombok) – Bumigora University Accounting Club Universitas Bumigora menggelar kegiatan peduli lingkungan sekitar pada Sabtu (18/11) lalu, di Dusun Pancor, Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat. Mengambil tema “One Plants Has a Thousand Benefits For The Environment”, kegiatan ini ditujukan untuk mengkampanyekan go green dan mencegah terjadinya longsor pada musim penghujan saat ini.

Dusun Pancor, Desa Guntur Macan dipilih sebagai lokasi kegiatan karena tipikal wilayahnya yang rawan terhadap longsor. Oleh sebab itu, dosen-dosen Prodi Akuntansi dan para mahasiswa Akuntansi Universitas Bumigora yang tergabung dalam Bumigora University Accounting Club Universitas Bumigora (BONC) menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat Desa Guntur Macan.

Kegiatan ini juga berusaha memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Najamuddin selaku Kepala Desa Guntur Macan mengungkapkan selama ini ada empat dusun di desa tersebut yang warganya hidup dalam teror ancaman longsor yang sangat memprihatinkan, seperti Dusun Ladungan, Dusun Pancor, Dusun Guntur Macan dan Dusun Barat Kokok.

Bumigora University Accounting Club saat menggelar kegiatan di Desa Guntur Macan. (Inside Lombok/Ist)

Aliran air liar membentuk kalan sendiri yang tercatat melalui empat ruas melewati pemukiman warga. Harapan besar kami, ada proyek yang diturunkan oleh pemerintah melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I untuk membuat satu ruas drainase sepanjang 3 kilometer dari bukit. Dengan sistem drainase itu, air bah dari Dusun Poan Utara dan Poan Selatan bisa dikendalikan dalam satu kanal, sehingga tidak tercecer membentuk ruas – ruas yang baru.

- Advertisement -

Karena bukan tidak mungkin, aliran sungai liar itu menggerus rumah warga, diikuti dengan turunnya gelondongan tanah puluhan bahkan ratusan kubik. Dalam era modern ini, keberlanjutan lingkungan menjadi semakin penting untuk diperhatikan demi menjaga kehidupan di planet kita. Salah satu langkah konkret yang dapat kita ambil adalah menerapkan gaya hidup “Go Green” atau berkelanjutan.

Go Green bukan sekadar slogan, tetapi suatu komitmen untuk menjaga keseimbangan alam dan meningkatkan kualitas hidup kita. Di tengah perubahan iklim global dan tantangan lingkungan, kita sebagai individu memiliki peran besar dalam melestarikan bumi yang kita tempati. Go Green bukan hanya tren, melainkan sebuah tanggung jawab bersama untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Bumigora University Accounting Club saat menggelar kegiatan di Desa Guntur Macan. (Inside Lombok/Ist)

Go Green merujuk pada upaya sadar untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan melalui tindakan-tindakan sederhana sehari-hari. Hal ini melibatkan penggunaan sumber daya alam yang bijaksana, pengurangan limbah, dan mendukung praktik-praktik ramah lingkungan.

Go Green bukanlah sekadar tren, melainkan suatu keharusan untuk membangun masa depan yang berkelanjutan. Melalui langkah-langkah sederhana dan konsisten, kita dapat bersama-sama mewujudkan perubahan positif dan meninggalkan warisan yang baik bagi generasi mendatang.

Mari bersama-sama menjaga bumi kita, karena satu tindakan kecil pun dapat memberikan dampak besar. Terima kasih sebesar – besarnya kepada : Ibu Khairunnisa, S.E.,M.Ak. (Kepala Program Studi S1 Akuntansi) Ibu Dewa Ayu Oki Astarini, S.E., M.Ak. (Pembina) Ibu R. Ayu Ida Aryani, S.E., M.Ak. (Pembina) Ibu Ni Ketut Sriwinarti, S.E., AK., M.SA., CA. (Pembina) Bapak Defel Septian, S.E., Akt., M.Ak., ACPA. (Pembina) Aditya Sapoetra Dunggio (Ketua Umum BONC) Shifa Intan Lestari (Ketua Panitia) Serta rekan-rekan Panitia Go Green 2023 yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Terimaksih juga kami ucapkan kepada : Bapak Najamuddin selaku Kepala Desa Guntur Macan Bapak H.Jamaah selaku Sekretaris Desa Guntur Macan Bapak H.Baharuddin selaku Kepala Dusun Pancor Serta masyarakat Dusun Pancor, Desa Guntur Macan, Kec. Gunung Sari, Kab. Lombok Barat. (r)

- Advertisement -

Berita Populer