9 Kapal Pesiar akan Sandar di Gili Mas Akhir Tahun ini

251
Pintu masuk pelabuhan Gili Mas, Lembar. (Inside Lombok/dok).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Ada sekitar sembilan kapal pesiar (cruise) yang dijadwalkan akan sandar di pelabuhan Gili Mas, Lembar akhir tahun nanti. Hal itu disampaikan General Manager (GM) PT. Pelindo Lembar, Baharuddin sesuai dengan hasil koordinasi yang dilakukan pihaknya bersama para operator kapal dan agen.

“Jadi kalau sesuai dengan hasil koordinasi dan jadwal kegiatan cruise tahun ini, bahwa di terminal Gili Mas masih ada jadwal kunjungan kapal cruise di triwulan empat,” terang Bahar, saat ditemui di kantornya akhir pekan kemarin.

Pada Oktober hingga Desember tahun ini akan ada sembilan kapal yang dijadwalkan berlabuh di sana. Sehingga pihaknya berharap hal itu bisa terealisasi.

Di sisi lain, masuknya kapal pesiar itu butuh dukungan berbagai pihak. Khususnya untuk memberi pelayanan maksimal, sebagai salah satu wujud mulai kembali bangkitnya pariwisata setelah dihantam pandemi Covid-19. Lantaran, selama dua tahun pandemi banyak jadwal kapal pesiar yang harusnya singgah di Gili Mas batal terlaksana.

“Semoga ini betul-betul bisa terealisasi dan butuh dukungan berbagai pihak. Baik dari sisi regulasi, maupun sisi koordinasi di operasional kami,” harapnya.

Untuk menyambut datangnya kapal pesiar itu, bahar mengaku akan mengintensifkan komunikasi dengan otoritas pelabuhan, pemda, hingga masyarakat. “Semoga ini betul-betul menjadi awal bangkitnya pariwisata menggunakan kapal cruise,” pungkasnya. (yud)