Danrem 162/WB Pantau Kesiapan Bandara Lombok Antisipasi Virus Corona

Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani bersama Dinas Kesehatan NTB dan Dandenkesyah Mataram didampingi GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL), Nugroho Jati melaksanakan pemantauan dan pengecekan pos kesehatan di BIL untuk mengantisipasi penyebaran dan kepanikan masyarakat akan informasi penyebaran virus Corona di provinsi itu, Rabu (29/1/2020). (Inside Lombok/ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani bersama Dinas Kesehatan NTB dan Dandenkesyah Mataram Letkol Ckm Dewa Ngakan Gde Widiadnyana, melaksanakan pemantauan dan pengecekan pos kesehatan di Bandara Internasional Lombok untuk mengantisipasi kekhawatiran terhadap penyebaran virus Corona di provinsi itu, Rabu.

Pada kesempatan tersebut, Danrem bersama rombongan juga melakukan dialog dengan petugas kesehatan bandara dan pengecekan SOP penanganan maupun sejumlah alat health quarantine check (HQC) guna mendeteksi suspec corona pada kedatangan tamu internasional.

Usai melakukan pengecekan HQC, Danrem 162/WB menyampaikan pihaknya bersama Dinas Kesehatan NTB melakukan pengecekan secara langsung terhadap pos kesehatan di bandara terkait dengan isu merebaknya virus corona dari Wuhan China.

“Pengecekan tersebut terkait dengan bagaimana dan sejauhmana persiapan dari KKP maupun dari Dinas Kesehatan jika ada wisatawan ataupun warga terindikasi terjangkit virus corona. Alhamdulillah sudah dijelaskan secara datail oleh petugas,” terangnya.

Danrem kemudian menjelaskan prosedur pengecekan indikasi adanya virus mulai dari menggunakan alat sensor carnal yang dibantu dengan pengatur suhu maupun infra red untuk mengetahui indikasi adanya penderita terjangkit virus corona.

“Alhamdulillah sampai saat ini wilayah NTB khususnya di Bandara LIA masih aman dan tidak ada terindikasi atau mengarah pada suspec corona,” ujar alumnus Akmil 1993 tersebut.

Selain pengecekan di bandara, rencana pengecekan akan dilakukan dibeberapa pintu masuk Pulau NTB seperti di Pelabuhan Lembar maupun di Gili sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi untuk menyakinkan tidak adanya penyebaran virus corona.

Danrem mengimbau kepada seluruh masyarakat NTB agat tidak panik dan tetap normal menjalankan aktivitas seperti biasa dengan tetap menjaga pola hidup sehat dengan makan-makanan yang sehat, sering cuci tangan dan minum air putih yang banyak.

Sedangkan GM Angkasa Pura I Nugroho Jati menyatakan sampai saat ini belum ada laporan yang positif mengarah pada indikasi-indikasi yang harus ditangani secara serius.

Sementara itu, terkait kunjungan warga negara China, selama periode 2019 penumpang dari Cina mengalami penurunan dan itu bisa dilihat pada statistik kunjungan setelah bulan Januari 2020 nanti.

“Ada penurunan wisatawan asal China,” katanya. (Ant)