Disperindag : Tidak Semua PKL di Jalan Kediri akan Direlokasi

909
Situasi ramai di ruas jalan yang akan di Lebarkan di Kediri. Jum'at (19/03/2021). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur'ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Pengerjaan pelebaran jalan di Kediri, Lobar akan mulai dilakukan. Pemda Lobar sudah mulai melakukan persiapan. Termasuk persiapan relokasi para PKL (Pedagang Kreatif Lapangan).

“Penertiban lapaknya itu nanti akan kita rapatkan lagi dengan Dishub juga, baru kita akan sama-sama turun” beber Kadis Perindag Lobar, H. Sabidin, Kamis (18/03/2021).

Kata dia, tidak semua lapak PKL yang sudah lama berjualan di kawasan itu akan direlokasi ke tempat yang sudah disediakan oleh pihak kecamatan dan desa. Akan tetapi, beberapa lapak yang memang masih memiliki ruang untuk mundur, maka mereka akan tetap bisa berada di lokasi itu. Hanya saja posisinya akan lebih mundur dibanding posisi awal saat ini.

“Rencananya kita mau suruh mundur lah, Kan dia laris di sana, nanti kalau kita bawa mereka ke tempat yang jauh dari sana (lokasi saat ini, red) kan ndak mungkin” ketusnya.

Disperindag dalam hal ini, diakuinya tetap mempertimbangkan juga bila para PKL tersebut harus direlokasi terlalu jauh dari lokasi awal saat ini.

“Kita tidak berharap nanti mereka justru malah jadinya tidak dagang. Jadi kita minta mereka mundur sampai di batas trotoar, di belakang saluran itu” imbuhnya.

Karena dalam rencananya, pelebaran jalan itu, disebut Sabidin, hanya sampai di bahu jalan. Sehingga beberapa pedagang masih bisa berjualan tanpa direlokasi.

“Sebagian yang akan dibawa ke tempat relokasi, itu mereka yang sudah mentok dan tidak bisa mundur. Kalau yang bisa mundur dan masih ada lokasi kosong ya bisa tetap di sana” terangnya.

Di mana para PKL ini rencananya akan direlokasi ke jalan yang menuju ke arah Kuripan dan di sekitar lapangan Kediri.