Gapoktan di Lotim Dapat Bantuan RMU Senilai Rp1 Miliar

Kepala DKP Lotim saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Jumat (26/11/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Lotim dapat bantuan mesin rice milling unit (RMU). Tercatat ada empat Gapoktan yang mendapat bantuan tersebut hingga saat ini.

Bantuan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp4 miliar tersebut, disalurkan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP). Masing-masing kelompok mendapatkan bantuan mesin senilai Rp1 miliar.

“Bantuan RMU senilai Rp1 miliar untuk masing-masing Gapoktan, itu sudah satu paket lengkap dengan bangunannya. Termasuk sama lantai jemurnya,” ucap Kepala DKP Lotim, Haryadi Surenggana, Jumat (26/11).

Sementara untuk pembangunan fasilitas pendukung RMU dilakukan swasembada, dan pengelolaannya diserahkan penuh kepada para Gapoktan. “Semuanya kita serahkan penuh kepada Gapoktan,” katanya.

Pengadaan RMU atau penggiling padi tersebut sangat penting dan menjadi kebutuhan para kelompok tani. Nantinya pengelolaannya akan diserahkan kepada Gapoktan. Adapun untuk biaya penggilingan tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu tenaga dan biaya operasional. (den)