Gemar Konsumsi Ikan untuk Cegah Stunting

Ilustrasi Makan Ikan (Image Source : Tribunjualbeli.com)

Mataram (Inside Lombok) – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengimbau masyarakat NTB untuk gemar mengonsumsi ikan. Pasalnya, mengonsumsi ikan dinilai penting bagi kesehatan, karena ikan memiliki gizi yang tinggi untuk kecerdasan, pertumbuhan dan mencegah stunting pada anak.

“Bahan dasar ikan bisa dijadikan bakso dan siomay yang nikmat dan bisa menjadi menu keluarga sehat kita,” ujarnya, Senin (21/11) saat sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemarikan) yang bertepatan dengan Hari Ikan Nasional (Harkannas). Menurutnya, mengonsumsi ikan juga penting utamanya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Ia mengungkapkan bahwa ikan adalah salah satu komoditi yang memiliki gizi lengkap, tapi harganya terjangkau. Hal ini kurang diperhatikan oleh masyarakat.

“Ikan adalah salah satu protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui serta masyarakat umumnya. Saya mengajak masyarakat untuk rajin mengonsumsi ikan agar masyarakat NTB dapat terbebas dari stunting,” pintanya.

Ia berharap kepada Kader PKK, Posyandu dan Ibu-ibu di NTB untuk terus diingatkan untuk mengonsumsi ikan. Sebab, terkadang masyarakat lalai akan pentingnya hal ini untuk pertumbuhan generasi muda NTB.

“Ayo kita makan ikan setiap hari, karena ikan lebih murah dari daging dan proteinnya ikan sangat penting untuk kita semua. Mudah, murah dan lengkap gizinya. Kalau kita makan ikan Insya Allah kita akan jadi sehat, kuat dan cerdas,” tutupnya. (azm)