INCCA NTB Targetkan Kunjungan Wisatawan MICE Hingga 70 Persen

INCAA NTB Targetkan Kunjungan Wisatawan MICE Hingga 70 Persen
Kunjungan Wisatawan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). (Inside Lombok/IST)

Mataram (Inside Lombok) – INCCA (Indonesian Congress and Convention Association) NTB menargetkan kunjungan wisatawan Mice (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) mencapai 70 persen dari total kunjungan wisatawan ke NTB. Sebab tahun ini Pemda NTB manergatkan untuk mendatangkan setidaknya 4 juta wisatawan.

Target itu bukan tanpa sebab, data tahun lalu sebanyak 63 persen wisatawan yang berkunjung ke NTB merupakan wisatawan MICE. Dengan bertambahnya target kunjungan wisatawan, maka target kunjungan Mice juga turut ditambah.
“Lebih dari 60 persen wisatawan yang datang ke NTB itu wisatawan Mice. Itulah mengapa kita menargetkan 70 persen wisatawan yang datang tahun ini merupakan wisatawan Mice,” kata Ketua INCCA NTB M.Nur Haedian.

Ia mengatakan bahwa selama ini memang sudah banyak wisatawan yang melakukan pertemuan bisnis di Lombok. Namun pertemuan itu diikuti dengan kunjungan ke berbagai destinasi wisata yang ada. Hal inilah yang membuat kunjungan wisata MICE semakin meningkat dari tahun ke tahun.
“Mereka suka ke Lombok karena selain berbisnis, mereka juga bisa berwisata. Tahun ini juga kita targetkan wisata Mice Asia itu bisa masuk ke NTB melalui Malaysia. Mau tidak mau, kita harus mulai untuk memikirkan wisata Mice Asia ini,” ujarnya.

Hal ini juga mengingat Lombok saat ini sudah menjadi salah satu pilihan utama tujuan berlibur bagi wisatawan. Sehingga mereka dapat bekerja sekaligus berwisata di satu tempat. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan NTB dibandingkan dengan daerah lain.

Sebelumnya Kemenpar telah menyatakan 16 daerah sebagai destinasi wisata MICE Priorotas di Indonesia, salah satunya NTB. Pemerintah telah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan hingga tahun 2019 mencapai 20 juta orang wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 275 juta orang. Dari jumlah itu, diharapkan disumbangakn dari sektor Mice dan NTB diharapkan bisa menjadi daerah penyumbang setelah kota-kota lainnya di Indonesia. (IL1)

Sejumlah wisatawan tengah berlibur di tengah kesibukannya melakukan pertemuan bisnis di Lombok. (Inside Lombok/IL1)