Jalur Pusuk Kembali Longsor Setelah Hujan Lebat, Pengendara Diimbau Lewat Senggigi

Proses pembersihan bekas longsor di jalur pusuk, Sabtu (27/11). (Inside Lombok/ist)

Lombok Utara (Inside Lombok) – Jalur lintas pusuk kembali longsor setelah diguyur hujan lebat sejak Jumat (26/11) malam. Longsoran tersebut menutupi ruas jalan, diperkirakan terjadi pagi tadi pada Sabtu (27/11) pukul 05.00 Wita pagi tadi.

Kemacetan panjang dari arah Gunungsari – Pemenang dan sebaliknya sempat terjadi akibat longsor tersebut. “Pada malam harinya jalur pusuk sempat diguyur hujan lebat, sehingga di beberapa titik sepanjang jalur pusuk terjadi longsoran tanah. Namun hanya satu titik saja yang menutupi ruas jalan,” ungkap Kapolsek Pemenang, AKP Evy Nuke Maya Damayanti Febriani dikutip dari pernyataan resminya.

Awalnya di lokasi tanah longsor itu terdapat pohon besar yang tumbang menutupi jalur. Masyarakat yang memiliki gergaji mesin berinisiatif memotong pohon tumbang tersebut untuk membuka jalan.

“Akhirnya sekitar pukul 08.00 Wita datang alat berat untuk membantu membersihkan sisa-sisa tanah longsor, dan alhamdulillah sekitar jam 09.00 Wita jalur sudah bisa dibuka untuk dilewati oleh kendaraan,” terang Evy.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan melewati jalur pusuk, untuk lebih berhati-hati. Terutama pada saat hujan, agar sebaiknya tidak melintasi jalur pusuk dan beralih ke jalur Senggigi sebagai alternatif. (nco)