Kebakaran Oceano Jambuluwuk di Gili Trawangan Bermula dari Kamr 179

476
Pemantauan kebakaran hotel di Gili Trawangan (Inside Lombok/ist)

Lombok Utara (Inside Lombok) – Puluhan kamar di hotel Jambuluwuk Oceano Resort di Gili Trawangan Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU) terbakar, Sabtu (30/7) malam kemarin.

Kapolres Lombok Utara, AKBP I Wayan Sudarmanta melalui Kasubsi PIDM Humas Polres Lombok Utara, Ipda Wiryawan menyampaikan kebakaran yang terjadi terjadi Sabtu malam sekitar pukul 19.00 Wita.

Dari informasi yang diterima, kebakaran pertama kali diketahui setelah tamu hotel yang menginap di kamar 175 menginformasikan ke front office bahwa telah terjadi kebakaran di kamar 179. Atas informasi tersebut staf enginering Jambuluwuk yang bernama Toni langsung mengecek ke lokasi dan mendapati api telah berkobar.

“Dikarenakan atap kamar bungalow tersebut menggunakan alang-alang sehingga membuat penyebaran api semakin cepat,” terang Wiryawan.

Atas kejadian tersebut, petugas juga meminta bantuan PLN setempat untuk mematikan arus listrik yang ada di tempat kejadian. Kemudian petugas bersama staf hotel dan warga masyarakat langsung membantu melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat seadanya.

“Mengingat angin yang cukup kencang dan atap bangunan terbuat dari alang-alang sehingga api sangat cepat menyebar ke bangunan yang lain, menyebabkan 59 kamar ludes terbakar,” ungkapnya.

Petugas bersama warga membantu tamu yang menginap di hotel serta menyelamatkan barang-barangnya untuk di bawa ke pesisir pantai. Adapun saat kebakaran terjadi, hotel terisi sekitar 22 kamar

“Api bisa dipadamkan sekitar pukul 22.00 Wita, oleh staf hotel dan dibantu oleh warga sekitar,” terangnya

Atas kejadian tersebut, masyarakat diimbau agar selalu waspada jika meninggalkan rumah, dan harus selalu mengecek alat elektronik yang masih hidup serta mengecek kompor gas. Sehingga bisa mengantisipasi kejadian kebakaran yang serupa.

Polres Lombok Utara langsung menurunkan tim identifikasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta monitor langsung perkembangan kebakaran tersebut bersama pemerintah daerah.

Akibat dari insiden kebakaran tersebut, pihak hotel mengalami kerugian materiil berupa 59 kamar di hotel ludes terbakar. Namun tidak ada korban jiwa. “Dan pagi ini dilaksanakan olah TKP dari Unit Iden Polres Lombok Utara” Wiryawan. (r)