Lotim Ambil Bagian Pecahkan Rekor Muri Ngulek Bareng Sambal Bawang Putih Nusantara

Pemecahan rekor muri di Pendopo Bupati Lotim, Jumat (02/12/2022). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kementerian Pertanian RI adakan kegiatan pemecahan rekor muri Ngulek Bareng Sambal Bawang Putih Nusantara bersama dengan 34 kabupaten/kota di Indonesia yang termasuk dalam daerah penghasil bawang putih. Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sendiri ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Pemerintah Pusat menunjuk langsung Kabupaten Lotim untuk ikut andil dalam mensukseskan pemecahan rekor muri. Kepala Dinas Pertanian Lotim, Sahri mengatakan bahwa Rekor Muri Ngulek Bareng Sambal Bawang Putih Nusantara dilaksanakan di 40 titik di Indonesia, 3 titik diantaranya ada di Provinsi NTB yakni BPTP, Dinas Pertanian Mataram, dan Kabupaten Lotim.

“Kita di Lotim merupakan satu-satunya kabupaten di NTB yang diajak dalam ngulek bareng,” ungkapnya saat ditemui di lokasi acara, Jumat (02/12).

Adapun Lotim yang mengambil lokasi di Pendopo Bupati Lotim ditargetkan mampu mengumpulkan massa dalam ngulek bareng tersebut sebanyak 500 orang. Namun yang menghadiri kegiatan sebanyak 600 orang dan melebihi dari target.

“Peserta kita dari 21 kecamatan, Dharma Wanita, mahasiswa/mahasiswi, dan petani cabai,” tuturnya.

Pihak Dinas Pertanian Lotim sangat bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut dikarenakan melalui hal tersebut dapat mengembalikan kejayaan bawang putih, khususnya bawang putih dari Sembalun yang memiliki varietas yang sangat baik.

“Saat ini petani bawang putih mulai kurang, untuk itu dengan kegiatan ini dapat mengembalikan kejayaan bawang putih Sembalun lagi,” pungkasnya. (den)