Makmur-Ahda Ajak Semua Peserta Pilkada Mataram Patuhi Protokol Pencegahan Covid-19

Mataram (Inside Lombok) – Calon Walikota Mataram Lalu Makmur Said mengajak para peserta Pilkada Mataram 2020 untuk tetap menaati protokol kesehatan Covid-19. Ajakan tersebut diungkapkannya saat tengah menemui para relawan di rumah pemenangan di Jalan Langko, Kota Mataram, pada Kamis (12/11/2020).

Dalam siaran pers yang diterima Inside Lombok, Makmur mengungkapkan bahwa Kota Mataram tidak boleh lengah dalam menghadapi sebaran virus Covid-19. Oleh karena itu, para peserta Pilkada harus turut berkontribusi dengan cara mewujudkan kampanye sehat bebas Covid-19.

“Saya ingin mengajak semua calon (calon walikota dan wakil walikota Mataram) untuk bersama-sama memerangi Covid-19. Tetap menaati prosedur kampanye dengan tidak terlalu banyak membuat kerumunan massa di satu titik pertemuan,” ungkap mantan Sekda senior Kota Mataram tersebut.

Birokrat senior itu juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan semua elemen baik pemerintah maupun para petugas kesehatan dalam memangkas angka kenaikan Covid-19. Menurut Calon Walikota nomor urut tiga itu, masyarakat juga harus turut mendukung apa yang telah diperjuangkan oleh semua pihak. Sebab bagaimana pun, lanjutnya, warga juga menjadi bagian penting yang dapat memutus rantai persebaran virus.

“Kita harus berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua elemen baik pemerintah, para dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya, yang selama ini berdiri sebagai garda depan dalam menghadapi Covid-19. Dan tentu saja, peran kita juga amat penting untuk memutus rantai persebaran virus,” jelasnya.

Sementara itu, Calon Wakil Walikota Mataram Badruttamam Ahda juga menyayangkan ketika melihat masih ada beberapa calon walikota dan wakil walikota Mataram yang menggelar acara tanpa mempertimbangkan protokol Covid-19. Bagi Ahda, sudah sewajibnya dalam Pilkada Kota Mataram 2020 ini baik peserta dan masyarakat bekerjasama untuk menciptakan Pilkada yang sehat.

“Pilkada tahun ini tidak sekadar ikhtiar politik kita bersama demi Kota Mataram yang lebih maju, melainkan juga ikhtiar kita untuk memerangi persebaran virus Covid-19,” ujarnya.

Ia menambahkan jika sebelumnya ada beberapa pasangan calon walikota dan wakil walikota Mataram yang kabarnya menggelar acara tanpa mempertimbangkan protokol covid-19, sebaiknya itu dievaluasi dulu secara internal dan dibuat lebih baik ke depannya. Sehingga semua sama-sama terjaga dari virus, dan Pilkada sehat pun bisa terwujud.

Alumnus Al-Azhar Kairo Mesir itu juga menekankan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah persebaran Covid-19 ini. Beberapa di antaranya seperti mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh atau kesehatan, serta juga dengan menjaga kebersihan lingkungan. Ahda pun menambahkan, bila Covid-19 sudah berhasil dibersihkan keberadaannya, maka pembangunan ekonomi untuk masyarakat dan roda perdagangan bisa kembali normal seperti semula.

“Kita bisa memulai dengan mengkonsumsi pangan yang dapat menunjang imun dan kesehatan kita, juga dengan menjaga kebersihan lingkungan. Bisa sambil berkebun di halaman rumah,” kata Ahda.