Mataram Berencana Buka Sekolah Mulai Juli 2021

Mataram, 18/3 (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat berencana membuka sekolah untuk kegiatan belajar mengajar secara tatap muka mulai tahun ajaran baru 2021/2022, sekitar bulan Juli 2021.

“Dengan berbagai upaya pencegahan COVID-19 yang telah kita lakukan, kita optimistis akan mulai membuka sekolah pada tahun ajaran baru yakni sekitar bulan Juli 2021,” kata Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Kamis.

Pemerintah kota, menurut dia, akan mempersiapkan sarana dan prasaran pendukung penerapan protokol kesehatan serta melakukan vaksinasi COVID-19 pada guru tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama sebelum membuka sekolah untuk kegiatan belajar mengajar.

Mohan mengaku prihatin melihat anak-anak sudah setahun lebih tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah serta tidak bisa berinteraksi langsung dengan guru dan teman sekolah akibat pandemi COVID-19.

“Penting buat sekolah dan guru ada interaksi secara fisik, sebab anak-anak tidak cukup mendapatkan edukasi secara intelektual tetapi juga perlu melihat perkembangan perilaku mereka,” katanya.

Selain menyiapkan sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan di sekolah dan pelaksanaan vaksinasi guru, ia mengatakan, pemerintah kota meminta masukan dari para pelaku pendidikan mengenai pembukaan sekolah pada masa pandemi.

“Sebelum membuka sekolah, kami ingin mendengar saran dan masukan dari para pelaku pendidikan agar apa yang menjadi kebijakan kita merupakan keputusan terbaik dan mengakomodasi kepentingan masyarakat,” katanya. (Ant)