Pemkot Mataram Ajak Warga Ciptakan Iklim Kondusif Pascapilkada

35
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang. (Inside Lombok/ANTARA/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat mengajak warga terus menciptakan iklim kondusif setelah tahapan pencoblosan pilkada setempat pada 2020.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Kamis, mengatakan bahwa menciptakan keamanan dan kenyamanan kota tidak hanya menjadi ranah aparat keamanan, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama.

“Untuk itu, mari kita berkontribusi untuk terciptanya iklim kondusif agar keamanan dan kenyamanan di Kota Mataram bisa terus tercipta pascapilkada,” katanya.

Dia juga mengingatkan masyarakat menghormati tahapan yang akan dilaksanakan KPU Kota Mataram sampai penetapan calon terpilih secara definitif.

Meskipun sudah ada hasil sementara dari Deks Pilkada Kota Mataram dan hitung cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga resmi, hal itu menjadi bagian cara berdemokrasi.

“Kemenangan pasangan calon (paslon), menjadi kemenangan kita semua karena masyarakat sudah memilih kepala daerah sehingga kita harus bangga karena mampu membangun kota. Ini perlu ditunjukkan kepada daerah lain dan dunia,” katanya.

Oleh karena itu, pasangan calon yang dinyatakan menang sementara ini, harus menghormati pasangan yang belum mendapat kesempatan dan kepercayaan dari masyarakat. Begitu juga sebaliknya.

Martawang juga mengajak masyarakat berkontribusi memutus dan menghilangkan penyebaran COVID-19 dengan tidak melakukan euforia yang berlebihan serta melakukan konvoi kemenangan.

“Proses pilkada yang sudah berjalan aman dan lancar harus kita syukuri dengan berdoa dan refleksi agar Mataram bisa lebih baik,” katanya.

Berdasarkan data hasil hitung cepat di Desk Pilkada Kota Mataram dengan jumlah suara masuk 198.257 suara, pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman atau paket HARUM, sementara unggul dengan perolehan suara 38,56 persen.

Perolehan suara terbanyak di urutan kedua adalah Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan atau paket SALAM, dengan jumlah suara 29,58 persen.

Di urutan ketiga pasangan L. Makmur Said-Badruttamam Ahda atau paket MUDA meraih suara 21,78 persen dan  urutan keempat pasangan Baihaqi dan Baiq Diah Ratu Ganevi atau paket BARU dengan jumlah suara 10,08 persen. (Ant)