Pemkot Mataram Alokasikan Rp45 Miliar Untuk Penanganan COVID-19

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram L Martawang (depan) didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinskominfo dan Kepala Pelaksaan BPBD Kota Mataram, mengikuti rapat koordinasi Gugus tugas Covid-19 se-NTB, via teleconference yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi NTB H Lalu Gita Ariadi. (Foto: Inside Lombok/ANTARA News/Kominfo Mataram)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengalokasikan anggaran khusus sebesar Rp45 miliar untuk penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di kota itu.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram L Martawang menyatakan hal itu saat mengikuti rapat koordinasi Gugus tugas Covid-19 se-NTB, via teleconference yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi NTB H Lalu Gita Ariadi beserta seluruh perwakilan Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 kabupaten/kota se-NTB, di Mataram, Kamis.

Martawang mengatakan selain mengalokasikan anggaran Rp45 miliar, untuk gugus tugas COVID-19, pemerintah kota juga merencanakan alokasi Dana Kelurahan untuk pencegahan COVID-19 di tingkat kelurahan dengan memberikan masyarakat fasilitas berupa tempat cuci tangan bersih dan penyemprotan disinfektan.

“Selain itu, kita membuat skema penanggulangan COVID-19 melalui tiga tahapan yakni pencegahan, penanganan, dan pascapenanganan,” katanya.

Di sisi lain, pemerintah kota telah membuat imbauan pencegahan COVID-19 baik visual dan audio visual melalui baliho, pamflet, website dan memanfaatkan sarana ibadah masyarakat seperti masjid dan tempat ibadah lainnya.

Kota Mataram, sambungnya, juga sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di 600 titik fasilitas umum dan ruang publik dan akan terus melakukan penyemprotan kembali oleh gugus tugas.

“Sejauh ini Kota Mataram mencatat laporan terkait COVID-19, dengan kondisi 8 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 93 orang dalam pengawasan (ODP),” katanya.

Upaya lainnya, sambung Martawang, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Mataram juga membantu puskemas dalam menangani pasien dengan memasang tenda BPBD, serta RSUD Kota Mataram telah menyiapkan gedung Graha Mataram sebagai pusat penanganan COVID-19.

“Dengan segala rencana dan apa yang telah dilakukan, semua pihak berharap pencegahan COVID-19 bisa berjalan dengan baik dan wabah ini segera berlalu,” katanya. (Ant)