Pesawat Pertama Untuk Rute Perth – Lombok Mendarat Perdana di BIL

Praya (Inside Lombok) – Maskapai AirAsia resmi mengoperasikan rute penerbangan dengan rute Lombok – Perth (Australia), Minggu (09/06/2019). Hal tersebut ditandai dengan pendaratan perdana pesawat AirAsia yang datang dari Perth di Bandara Internasional Lombok (BIL).

Menanggapi hal tersebut Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Barat (NTB), Sitti Rohmi Djalillah, yang turut serta dalam rombongan yang merasakan penerbangan perdana AirAsia untuk rute tersebut menerangkan bahwa hal ini menandai terbukanya rute baru bagi wisatawan mancanegara, khususnya Australia untuk datang ke NTB.

Penerbangan perdana dengan pesawat AirAsia nomor QZ471 tersebut membawa ratusan penumpang yang mengikuti penerbangan perdana. Antara lain Wagub NTB, jajaran manajemen PT Indonesia AirAsia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Perth, serta sejumlah pelaku pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut Wagub menegaskan bahwa rute baru AirAsia tersebut merupakan buah kerjasama antara Pemerintah Daerah (Pemda), maskapai penerbangan, dan semua pihak terkait. Target selanjutnya dari kerjasama itu sendiri adalah membuka rute penerbagan lainnya yang akan mempermudah akses ke NTB melalui pintu bandara, khususnya untuk daerah-daerah lain di Indonesia.

“Untuk koneksinya, kita juga lagi dorong (rute) Lombok – Surabaya, Lombok – Jakarta, dan Lombok – Denpasar,” ujar Rohmi, Minggu (09/06/2019).

Antusiasme wisatawan asal Australia sendiri terbaca cukup tinggi dalam penerbangan perdana kali ini. hal tersebut dilihat dari penuhnya kapasitas untuk 171 penumpang dalam penerbangan perdana ini.

“Yang berikutnya juga sudah mau 150-an,” ujar Rohmi menambahkan.

Rohmi sendiri menyampaikan rasa optimisnya terkait kunjungan wisatawan setelah dibukanya rute baru AirAsia tersebut. Hal itu karena NTB secara umum memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, serta akan diadakannya gelaran MotoGP pada tahun 2021 mendatang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Perasaan optimis itu juga didukung oleh tarif penerbangan yang untuk rute Lombok – Perth yang dinilai Rohmi cukup terjangkau, yaitu masih dalam kisaran Rp500 ribu. Untuk itu, Rohmi berharap masalah kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi belakangan ini bisa cepat teratasi seiring serangkaian kebijakan yang telah diambil pemerintah.

“Mudah-mudahan harga tiket ini tidak menjadi isu lagi. Karena, kan sedang dibenahi juga oleh pemerintah,” tandas Rohmi.

Sebelumnya pembukaan rute penerbangan AirAsia yang menghubungkan Lombok dan Australia ini didahului dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Dirut PT Indonesia AirAsia, Dendy Kurniawan, dengan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah di kantor AirAsia di Tangerang, Kamis (14/03/2019) lalu.

Tiket untuk penerbangan perdana rute itu sendiri mulai tersedia sejak 14 -19 Maret 2019 lalu. Dimana orang-orang yang beruntung merasakan penerbangan perdana AirAsia rute Perth – Lombok dapat menikmati tariff murah untuk perjalanan mulai 9 Juni hingga 26 Oktober 2019 dengan harga tiket yang dibandrol mulai dari Rp599 ribu.

AirAsia sendiri menyediakan pesawat yang akan melayani penerbangan rute Lombok – Perth sebanyak empat kali dalam sepekan. Penerbangan tersebut akan tersedia di hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.