Pusat Kucurkan Dana Rp14 Miliar untuk Program Kotaku di Lotim

Lombok Timur (Inside Lombok) – Untuk menyukseskan program Kotaku, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mendapatkan pendanaan dari Kementerian PUPR senilai Rp14 miliar. Program Kotaku tersebut untuk mengurangi kekumuhan kota dan membuka ruang terbuka untuk publik.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Lombok Timur, Hj Baiq Miftahul Wasli menyampaikan, dana yang didapat dari Kementerian PUPR tersebut nantinya untuk menciptakan program Kotaku dan akan mulai dilaksanakan untuk penataan wilayah Pancor, Selong, dan sekitarnya.

“Tahun ini program Kotaku akan difokuskan di seputaran Selong saja,” ujarnya kepada awak media, Jumat (19/03/2021).

Adapun penataan yang akan dilakukan di beberapa wilayah Selong yaitu sepanjang Jalan Pejangik akan dilakukan penataan dan penataan pipa, penataan di bantaran Kali Sangkon Pancor, dan akan membuat ruang terbuka publik di Pancor untuk kenyamanan dan mengurangi kekumuhan kota.

“Proses pengerjaan saat ini tengah dikerjakan dan ditargetkan rampung pada bulan Oktober mendatang,” ujarnya.

Proses penataan kota tersebut kata Miftahul sedang dikebut. Mengingat pengerjaan penataan terikat dengan kontrak dan ditargetkan rampung pada tahun 2021 ini sesuai dengan perjanjian dalam kontrak.

“Tahun 2019 lalu kita mengajukan lebih dari Rp30 miliar untuk anggaran program kotaku. Namun yang tercapai hanya Rp14 miliar saja,” imbuhnya.