Ramaikan Sirkuit Mandalika, Ribuan Orang Tonton Kejurnas Drag Bike

165
Salah satu pembalap yang mengikuti Kejurnas Drag Bike bersiap di garis start (Inside Lombok/Fahri)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mencatat jumlah penonton yang menyaksikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Bike di Sirkuit Mandalika pada 18-19 Juni 2022 kemarin mencapai 2.200 orang.

Ribuan penonton tersebut memadati area tribun A dan area Pitlane. Sedangkan agenda yang telah berjalan terdiri dari free practice, babak penyisihan, exhibition pada hari pertama (18/6) dan race final dan exhibition pada hari kedua (19/6).

“Penyelenggaraan event Drag Bike berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya kendala dalam penyelenggaraan event tersebut. Ditotal sebanyak lebih dari 2.200 penonton yang mayoritas berasal dari masyarakat NTB sangat antusias menyaksikan balapan ini,” kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, Senin (20/6/2022).

Dijelaskan, kendaraan yang masuk dalam agenda free practice hingga race final antara lain Bebek Tune Up 4L, Sport Tune Up 2L, Matic Tune Up, Sport 2L Tune Up, Sport 2L Tune Up, Bebek 2T Std, Bebek Standar Porting 4T, Bebek 4T Tune Up, Sport dan Bebek 2T, Bracket 8-10, dan FFA.

Secara keseluruhan, event ini telah diikuti oleh 675 starter yang berasal dari Bali, NTB, NTT dan luar Bali Nusra. Event Drag Race yang dipromotori oleh Blue Corral bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), MGPA, dan melibatkan putra daerah NTB baik sebagai pelaksana acara maupun pendukung acara.

“Dukungan yang tak kalah penting adalah dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Lombok Tengah, juga para pelaku industri pariwisata di NTB yang telah mempromosikan hingga meramaikan pelaksanaan event Drag Race di Sirkuit Mandalika,” ujarnya.

Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro menambahkan tingginya animo masyarakat untuk menonton Kejurnas Drag Bike di Sirkuit Mandalika menunjukkan bahwa masyarakat semakin siap untuk mendukung penyelenggaraan event otomotif.

“Kami harap antusiasme dan dukungan positif masyarakat NTB khususnya masyarakat Lombok Tengah dalam menyambut setiap event di The Mandalika terus terjaga,” imbuh Bram.

Kelancaran penyelenggaraan event ini juga membuktikan bahwa Sirkuit memiliki fasilitas pendukung balapan yang lengkap. Permukaan lintasan Sirkuit yang sangat baik disertai dengan adanya area run off yang panjang. Sehingga dapat dipergunakan berbagai jenis event motorsport.

Di samping itu, sirkuit ini juga dilengkapi dengan 50 garasi pada area Paddock, grandstand untuk tempat duduk penonton yang memadai dan nyaman, akses jalan terowongan (tunnel) bagi penonton, hingga akses pada area inner circuit yang terus dibenahi.

Selain penyelenggaraan Drag Bike, pada tahun ini, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi tuan rumah sejumlah event internasional seperti Shell Eco Marathon pada bulan Oktober 2022 dan World Superbike pada bulan November 2022.

Sebelumnya, Sirkuit ini telah menjadi lokasi penyelenggaraan event World Superbike (2021), MotoGP Official Test (2022) dan MotoGP (2022). “Kami ingin membawa event-event olahraga bertaraf nasional dan internasional sesuai dengan positioning Kawasan The Mandalika sebagai Sport Tourism Destination, di mana bukan hanya aktivitas pariwisata saja, melainkan juga berolahraga sambil berwisata menikmati keindahan The Mandalika. Semoga event-event berikutnya dapat berjalan dengan lancar dan sukses yang bisa memberikan dampak positif bagi citra Indonesia, terutama bagi Pulau Lombok,” tutup Bram. (fhr)