Shalat Idul Adha 200 Napi di Rutan Praya Akan Terapkan Protokol Covid-19

148
Napi beragama Islam di Rutan Praya akan melaksanakan shalat Idul Adha dengan mengacu pada protokol pencegahan Covid-19. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Sekitar 200 an orang narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Praya akan melaksanakan shalat Idul Adha bersama di lapangan yang ada di dalam rutan, Jumat (31/7/2020).

“Kita laksanakan di dalam dengan menggunakan potensi yang ada di dalam baik sebagai imam maupun Khotib nanti dari pegawai”,Kata Kepala Rutan Praya, Jumasih, Kamis (30/72020).

Dia menerangkan, pelaksanaan shalat Idul Adha akan tetap mengacu pada protokol pencegahan Covid-19. Di mana, jarak shaf akan diatur. Selain itu, tempat cuci tangan dilengkapi sabun juga disiapkan bagi jamaah.

“Untuk cuci tangan segala macam itu harus sesuai protokol Covid-19. Itu sudah disiapkan”,katanya.

Disebutkan, jumlah napi yang ada di Rutan Praya saat ini sebanyak 230 orang. Napi beragama Islam yang akan melaksanakan shalat Idul Adha dinilai tertampung di lapangan.

“Kalau di lapangan nampung di lapangan bagi napi beragama Islam”,ujar Jumasih.

Sementara untuk hewan kurban juga disiapkan beberapa ekor yang akan disembelih dan dibagikan kepada para napi.

Akan tetapi, untuk kunjungan di Hari Raya Idul Adha belum bisa dilakukan secara tatap muka. Sementara kunjungan masih dengan sistem online. Karena belum ada instruksi dari pusat untuk membuka kunjungan secara tatap muka.

“Sementara masih kita siapkan yang online. Tapi untuk penitipan barang tetap diterima”,demikian Jumasih.