Sirkuit Mandalika Tidak Masuk Jadwal Pramusim MotoGP 2023, Ini Penjelasan MGPA

3945
Ilustrasi MotoGP (Inside Lombok/Sepangcircuit)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Sirkuit Mandalika tidak dipilih menjadi tuan rumah perhelatan tes pramusim MotoGP pada musim 2023 mendatang. Melalui laman resmi MotoGP, diumumkan Shakedown Test MotoGP 2023 akan digelar di Sirkuit Internasional Sepang pada 5 – 7 Februari 2023, kemudian tes pramusim MotoGP pada 10 – 12 Februari.

Selain itu Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portugal dipilih sebagai lokasi seri pembukaan musim tahun 2023, sekaligus menjadi tuan rumah tes pramusim terakhir pada 11 – 12 Maret 2023.

Menanggapi hal tersebut Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria mengungkapkan Sirkuit Mandalika tidak menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP lantaran pihaknya memang tidak pernah mengajukan sebagai lokasi pramusim.

“Jangan pernah ada yang mengatakan Dorna lebih senang dan lebih pilih Sirkuit Sepang, Malaysia daripada Mandalika. Kami tegaskan jika kami tidak pernah mengajukan ke Dorna dan kami tidak mau,” ungkapnya, Rabu (10/8/2022).

Priandhi menjelaskan, sirkuit Mandalika dipilih untuk tes pramusim pada Februari lalu karena Mandalika memerlukan homologasi A untuk penyelenggaraan event karena tidak pernah digunakan sebelumnya untuk event MotoGP.

“Sirkuit Mandalika ini masih baru untuk event tes pramusim Februari lalu diperlukan uji coba untuk mengetahui kurang lebihnya di mana,” terangnya.

Setelah usai tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika waktu itu pihak Dorna Sports memberikan beberapa rekomendasi dan masukan untuk melakukan penyempurnaan di beberapa bagian sirkuit dengan panjang 4,3 kilometer (km) tersebut.

“Kita dapat rekomendasi dari Dorna untuk menyempurnakan di beberapa bagian dari pengecatan ulang hingga pengaspalan ulang sepanjang 1,2 km yang dimulai dari tikungan 17 sampai dengan tikungan 5, sehingga Sirkuit Mandalika telah resmi mendapatkan homologasi A dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM),” tuturnya.

Priandhi tidak hanya menyinggung mengenai pengajuan Sirkuit Mandalika sebagai tempat tes pramusim MotoGP musim depan. Ia juga menjelaskan biaya yang mahal untuk mendatangkan rombongan pembalap dan tim, karena pramusim memang tanpa ada penonton sehingga tidak ada penjualan tiket.

“Tahun 2023 ini kami memang tidak pernah bersurat. Bisa jadi kalau kami bersurat kemungkinan besar Dorna sendiri akan memilih MGPA untuk penyelenggaraan pramusim,” tutupnya. (fhr)