Terapkan Social Distancing, Satgas Covid-19 Lotim Rilis Berita dengan Vicon

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Saat Menggelar Vicon dengan Awak Media, Jumat (17/04/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Merebaknya kasus covid-19 di Kabupaten Lombok Timur membuat semua kalangan khawatir untuk bertatap muka. Mengantisipasi hal tersebut, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penangnan Covid-19 Lotim, Menggelar Video Conference (Vicon) dengan awak media pada Jumat (17/04/2020).

Di samping khawatir bertatap muka, video conference ini juga merupakan bagian dari physical distancing yang diterapkan Satgas Lotim kepada para jurnalis.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, M Juaini Taufik mengatakan, konsep yang jumpa pers melalui video conference yang diterapkan merupakan bagian dari aksi pencegahan penularan covid-19. Ini juga memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjauhi kerumunan dan menjaga jarak terhadap orang di sekitar.

“Kita tidak tahu orang di sekitar kita dalam kondisi sehat atau sebaliknya, sehingga dengan jumpa pers melalui video ini, dapat meminimalisir penyebaran covid-19,” ujar Juaini.

Dalam hal ini, semua wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT), menyambut baik terhadap apa yang dilakukan satgas untuk tidak bertatap muka secara langsung. Para jurnalis maupun narasumber bisa lebih nyaman dalam melakukan interaksi tanpa harus khawatir akan penyebaran virus corona.

Juaini berharap, dengan menggelar video conference dengan para jurnalis, bisa menjadi contoh kepada masyarakat untuk terus melaksanakan physical distancing maupun sosial distancing. Guna meminimalisir sebaran virus corona ini .