TKW Disiksa Majikan, Disnakertrans Lotim Tuntut Tekong Bertanggung Jawab

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kekerasan fisik dialami oleh salah seorang TKW di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Hal ini membuat Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Timur (Lotim) turun tangan mencari tekong atau sponsor yang memberangkatkan TKW tersebut.

Kepala Bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (P2TK) Disnakertrans Lotim, Hirsan mengatakan, dari hasil pencarian pihak tekong membuahkan hasil. Pihaknya meminta pihak sponsor atau tekong tersebut bertanggung jawab penuh atas hak-hak TKW yang menjadi korban kekerasan.

“Alhamdulillah sesuai dgn perintah pimpinan, kami langsung komunikasikan dengan pihak sponsor untuk dilakukan mediasi,” ucapnya.

Dari hasil mediasi yang dilakukan pihak Disnakertrans Lotim menghasilkan kesepakatan dengan pihak sponsor untuk menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan dalam bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara oleh Disnakertrans Lotim.

“Pihak sponsor bersedia memberikan hak pertanggungjawaban kepada TKW korban kekerasan,” katanya.

Untuk mengatensi kejadian serupa, pihak Disnakertrans Lotim akan tetap memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa bekerja aman di luar negeri. Sembari berharap peran Pemerintah Desa agar lebih banyak sosialisasi kepada masyarakat. Sesuai dengan amanah UU 18 tahun 2017.

“Kita juga berharap kepada masyarakat agar tidak berangkat ke luar negri secara ilegal agar pemerintah bisa meminimalisir kejadian serupa,” katanya.