Vaksinasi Pintu ke Pintu di Mandalika: Siswa, Turis dan Warga Setempat Jadi Sasaran

13
Suntik vaksin yang dilakukan dari pintu ke pintu di Kuta Mandalika, Senin (17/1/2022). (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Polsek Kawasan Mandalika, Polres Lombok Tengah bersama Puskesmas Kuta menggelar vaksinasi “door to door” atau pintu ke pintu terhadap anak usia 6-11 tahun, Senin (17/1). Cara tersebut diterapkan guna mendorong percepatan capaian vaksin Covid-19 di sekitar wilayah Mandalika.

Kapolsek Kawasan Mandalika, AKP Made Dimas mengatakan metode vaksin door to door itu dilakukan untuk menyasar anak yang belum terdaftar dalam data per sekolah. “Bagi anak-anak yang belum terdaftar kita vaksinasi door to door,” katanya.

Dia mengerahkan seluruh Bhabinkamtibmas yang ada di wilayahnya untuk mendatangi rumah-rumah warga yang belum mendapatkan vaksin anak. Baik itu warga negara asing maupun warga kawasan Mandalika sendiri.

Sementara itu Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono mengatakan saat ini pihaknya bersama Pemda melalui program Vaksin Merdeka Anak fokus mengejar capaian vaksin sebanyak 141 ribu orang. “Kita targetkan per hari itu sekitar 10 ribu dosis,” jelasnya.

Menurutnya, seluruh anak khususnya siswa siswi di Lombok Tengah harus menerima vaksin demi meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari paparan Covid-19. Dengan demikian, kegiatan yang sebelumnya terkendala karena masa pandemi bisa kembali dilakukan, salah satu contohnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Ia pun berharap kepada semua elemen masyarakat bisa mensukseskan program vaksinasi. Terlebih menjelang perhelatan event MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Adapun saat ini, secara umum vaksinasi di Lombok Tengah sudah mencapai 75,4 persen dari target 141 ribu sasaran anak yang harus divaksin. (irs)