Video Ombak Besar di Pantai Ampenan Bulan Ini adalah Hoaks

Ilustrasi

Mataram (Inside Lombok) – Beredar unggahan di lini massa berupa rekaman video besarnya ombak di Pantai Ampenan pekan ini. Dalam video tersebut terlihat ombak besar terhempas melewati tembok penahan ombak, membanjiri pemukiman warga. Unggahan yang meresahkan itu dipastikan adalah hoaks.

Salah seorang warganet dengan akun LiaFatma mengatakan bahwa video tersebut tidak benar adanya. Dikutip langsung dari status facebook LiaFatma, ia menerangkan, “Untuk siapapun yang menerima video ini via WA mohon jangan cepat percaya. Ini kejadian air pantai naik di Pantai Ampenan sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu, bukan kejadian saat ini.”

Unggahan video ini dikhawatirkan dapat mengurangi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ampenan. Warganet lainnya dengan akun Instagram syadad2000 mengeluhkan hal ini.

“Tolong bagi teman-teman yang dapet kiriman video ini. Jangan dipercaya. Ini hoax. Ini emang pernah terjadi di pantai ampenan tapi tiga tahun yang lalu itupun bulan februari bukan akhir tahun,” ujarnya.

Ia melanjutkan agar siapapun tidak percaya dengan video yang disebarkan ini. Sebab ia khawatir unggahan itu dapat mengurungkan niat wisatawan untuk datang.

“Kasihan yang mercari nafkah di sana bisa terganggu dan mengakibatkan terjadinya ekonomi mereka menurun terutama dalam pariwisata NTB dan wisatawan jadi takut ke sini. Tolong harus kirim informasi sesuai ya dan jangan menyalahgunakan hal seperti ini dimanfaatkan dengan seenaknya. Tolong ya disebarkan berita ini terimakasih,” terang akun syadad2000 dalam akun instagramnya.

Mengomentari status facebook LiaFatma, akun facebook Utari Rayes mengatakan kalau video tersebut membuat khawatir keluarganya.

“Nggak ada kerjaan orang yang nyebarin video ini. Barusan keponakan kak Ayi nelepon. Dia takut, khawatir dia kira beneran video ini,” ujar Utari.

Salah satu warga Ampenan, Imam Ahmad Askalani (25) menjelaskan kalau kondisi di sekitar kampungnya masih aman-aman saja. Ia menekankan bahwa saat ini kondisi di Pantai Ampenan sangat bersahabat dan aman untuk dikunjungi.

“Aman aja sih, nggak ada yang aneh-aneh,” ujarnya.

Diketahui bahwa saat ini banyak beredar informasi berupa video keadaan di pesisir Pantai Ampenan. Video itu terlihat seperti air laut naik hingga ke pemukiman warga karena ombaknya yang besar. Namun hal itu ternyata telah terjadi tiga tahun yang lalu dan bukan kejadian saat ini. Warganet diharapkan untuk tidak menyebarkan informasi yang tidak benar itu.