Material Perbaikan Pasar Kebon Roek Berjatuhan Timpa Pengunjung

Material perbaikan Pasar Kebon Roek yang jatuh menimpa pengunjung. (Inside Lombok/ISTIMEWA)

Mataram (Inside Lombok) – Beberapa pengunjung Pasar Kebon Roek mengalami hal nahas. Akibat material perbaikan pasar berjatuhan, setidaknya ada dua orang pengunjung yang mengalami luka-luka. Sisanya hanya terkena reruntuhan material.

Pasar Kebon Roek saat ini tengah diperbaiki oleh Pemerintah Kota Mataram setelah rusak akibat gempa beberapa waktu lalu. Anggarannya bersumber dari APBD Perubahan Kota Mataram tahun 2018 sebesar Rp. 200 juta.

“Itu proyek perbaikan pasar yang rusak akibat gempa. Jadi say tekankan ya, itu bukan ambruk. Tapi itu materialnya yang jatuh,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram Lalu Alwan Basri, Rabu (26/12/2018).

Ia mengatakan bahwa pengerjaannya memang sedang dikebut saat ini. Sebab batas waktu pengerjaannya sesuai kontrak ialah pada 28 Desember ini. Rekanan tengah berupaya untuk menyelesaikan proses perbaikan pasar dalam waktu yang telah ditentukan.

“Itu sebentar lagi selesai, memang pengerjaannya sedang dikebut. Karena harus selesai dalam dua hari ini,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan saksi yang ada di lokasi saat kejadian, terdapat dua orang korban yang dibawa ke puskesmas terdekat karena mengalami luka-luka. Sementara ini, para tukang yang bekerja masih diamankan di kantor Pasar Kebon Roek.

“Semoga semuanya baik-baik saja dan pengerjaannya segera selesai. Selain itu diharapkan juga tidak ada kejadian serupa,” ujarnya.

Lamanya proses perbaikan pasar ini disebabkan karena perbaikan harus didahului dengan pembongkaran. Proses pembongkaran inilah yang membutuhkan waktu cukup lama.

“Itu kan yang jatuh hasil bongkaran itu. Karena ini kan perbaikannya harus dibongkar dulu,” ujarnya.

Suasana di lantai dua Pasar Kebon Roek sebelum dilakukan pembongkaran. (Inside Lombok/Elita)

Ada tiga pasar yang diperbaiki menggunakan APBD Perubahan. Yaitu Pasar Kebon Roek, Pasar Cakranegara dan Pasar Karang Sukun. Anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan tiga pasar itu sebesar Rp500 juta.

Selain bersumber dari APBD Perubahan, ada pula dana perbaikan pasar yang bersumber dari Pemerintah Pusat. Anggaran yang akan diberikan sebesar Rp2,3 miliar. Pasar yang akan diperbaiki itu ialah Pasar Kebon Roek, Pasar Mandalika, Pasar Cakranegara, Pasar Karang Lelede, Pasar Pejeruk dan Pasar Karang Sukun.

Alwan berharap dengan diperbaikinya pasar-pasar ini dapat membangkitkan geliat perekonomian warga Kota Mataram. Ia juga berharap warga, baik pedagang maupun pembeli dapat bersabar sembari menunggu proses perbaikan rampung dikerjakan. Sehingga mereka bisa menempati pasar ini dengan lebih nyaman.