Wakapolri Tandatangani Prasasti Tipe A Polda NTB

penandatanganan prasasti tipe A Polda NTB
Wakapolri melakukan penandatanganan prasasti tipe A Polda NTB. (Inside Lombok/IST)

Mataram (Inside Lombok) – Polda NTB telah resmi menjadi tipe A. Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Syafruddin, M.Si, resmi menyerahkan Pataka Bintang Dua Kepada Kapolda NTB, Brigjen Polisi, Drs. Achmat Juri, M.Hum. Sekaligus menandatangani prasasti tanda Polda NTB telah resmi menjadi tipe A.

Penyerahan pataka bintang dua sekaligus penandatanganan prasasti  ini menandai peresmian Polda NTB menjadi tipe A yang sebelumnya berstatus tipe B. Diharapkan Polda NTB dapat terus melayani warga dengan maksimal.

Wakapolri Komjen (Pol) Syafruddin mengatakan, penilaian  kenaikan tipe Polda NTB dari tipe B menjadi Polda tipe A melalui proses yang panjang selama satu tahun. Peningkatan Tipe ini bukanlah hal yang mudah. Namun semua sudah dilewati dan kini Polda NTB sudah tipe A.

“Peningkatan tipe Polda NTB ini bertepatan dengan bulan suci ramadhan 1439 Hijriyah. Karena itu, saya  berharap semoga kenaikan tipe ini semakin memberikan barokah bagi kedamaian dan ketentraman seluruh masyarakat NTB pada khususnya,” ujarnya.

Berbagai prestasi diraih Polda NTB dari  tahun 2016 – 2017. Yaitu meraih peringkat pertama dan kedua dalam implementasi program Quick Wins Renstra Polri 2015-2019. Selain itu  Polda NTB mendapat penghargaan dari Presiden RI untuk kinerja Bhabinkamtibmas dan kinerja Satgas Pangan terbaik se Indonesia.

Menko Polhukam RI juga memberikan penghargaan terhadap pengelolaan keamanan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, serta  Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan atas pengelolaan keuangan negara terbaik   ke empat. Demikian juga Jajaran Polres Mataram  pada   tahun 2017, meriah prestasi pada bidang pelayanan publik dan Indeks Tata Kelola. Sedangkan Polres Lombok Tengah meraih peringkat kedua nasional dalam penanganan kerawanan konflik sehingga mendapat penghargaan  dari Kemenpan RB.

“Semoga dengan prestasi tersebut semakin memotivasi Jajaran Polda NTB untuk bekerja lebih baik,” ujar Komjen Pol Syafruddin.

Di akhir sambutannya, ia berharap kepada seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan seluruh stake holders untuk mendukung keamanan menjelang pemilukada serentak 27 Juni 2018.

“Secara khusus di bulan puasa ini saya instruksikan agar seluruh jajaran konsisten untuk  memberantas miras oplosan dan menjaga stabilitas harga pangan,” harapnya.

Kenaikan tipe Polda NTB  tersebut merujuk pada Keputusan Kapolri Nomor: Kep/674/V/2018 tanggal 21 Mei 2018 tentang Peningkatan Tipe Polda NTB dari tipe B menjadi tipe A. Bersamaan ada tiga Polda yang mendapat kenaikan dari tipe B ke tipe A, yaitu Polda Jambi, Polda Kalimantan Tengah dan Polda Kalimantan Selatan. (IL1)