30.5 C
Mataram
Kamis, 18 Juli 2024
BerandaDaerahBantu Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Lombok Sumbawa Motocross Siap Digelar

Bantu Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Lombok Sumbawa Motocross Siap Digelar

Mataram (Inside Lombok) – Event Lombok Sumbawa Motocross 2023 akan digelar mulai 17-26 November ini. Event nasional ini juga diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB jelang akhir tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, Jamaludin Malady mengatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan bantuan kepada daerah termasuk NTB. Tahun ini bantuan yang diberikan sebesar Rp24 miliar untuk event motocross dan konser musik.

“Jadi pemerintah pusat melalui Kemenparekraf memberikan bantuan untuk belanja sama dengan daerah termasuk NTB,” katanya, Selasa (14/11) sore. Event Motocross yang digelar dengan anggaran dari pemerintah pusat itu dinilai cukup tepat, karena NTB merupakan daerah pengembangan sport tourism.

Di sisi lain, NTB sudah menggelar berbagai event internasional seperti MotoGP, WSBK, dan MXGP. “Kenapa event motocross? Karena kita NTB merupakan provinsi yang menjadi pengembangan sport tourism di Indonesia karena keberadaan Sirkuit Mandalika,” ungkapnya.

- Advertisement -

Jamal menjelaskan, event nasional motocross diharapkan bisa melahirkan crosser internasional. Rangkaian kegiatan event motocross ini akan dimulai pekan ini. “Minggu ini sudah mulai kegiatan side eventnya,” terangnya.

Event ini diharapkan bisa mendorong agar setelah MotoGP selesai, pariwisata Indoneaia khususnya NTB tidak sepi pengunjung. “MotoGP kemarin selesai supaya pariwisata di Indonesia khususnya NTB agar tidak sepi. Supaya target kunjungan wisatawan ke NTB 2 juta orang dan target wisatawan di Indonesia,” katanya.

Guna meningkatkan partisipasi para pecinta motocross, Dispar TB mendatangi empat kota besar untuk meluncurkan Lombok Sumbawa Motocross. Di antaranya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Sebelum event motocross digelar akan ada side event. Di mana, para pecinta motocross ini nantinya bisa mengikuti trabas dan tidak dipungut biaya atau gratis. “Trabas ini kan juga bukan skala lokal tapi juga nasional. Saya yakin dengan kita melaksanakan trabas ini kita tidak dipungut pendaftaran, ” ungkapnya.

Trabas di Lombok ini nantinya akan berkeliling Lombok. Karena tidak dipungut biaya maka harus membuat video pendek tentang wisata yang dapat di Lombok. “Kita start-nya di Gunung Rinjani dan finish nya di ex Bandara Selaparang. Intinya minggu depan ini. Seminggu sebelum motocross dilaksanakan, ” katanya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer