26.5 C
Mataram
Selasa, 28 Mei 2024
BerandaDaerahEksplore Gili Indah Lobar dengan 'Exclusive Advanture'

Eksplore Gili Indah Lobar dengan ‘Exclusive Advanture’

Lombok Barat (Inside Lombok) – ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) DPD NTB melakukan survei memetakan potensi pariwisata di Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Eksplorasi gili-gili yang ada di Lobar pun segera dilakukan, antara lain melalui gelaran Lombok Travel Mart (LTM) ke-9 pada pertengahan Juni mendatang. Keindahan gili di Lombok Barat dinilai sesuai dengan tema yang diusung ‘Exclusive Adventure’.

“InsyaAallah kita targetkan sekitar 250 travel agent terdiri dari Mancanegara dan seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Untuk mancanegara sendiri biasanya ada 5 negara dan yang dominan negara-negara Asean seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan ada juga dari Korea dan Australia,” terang Ketua ASPPI NTB, Badrun, Senin (20/03/2023) kemarin.

Dalam kegiatan survei kemarin, panitia penyelenggara ingin melihat potensi dan akomodasi, serta kelayakan restoran pulau-pulau kecil atau gili yang ada di kawasan Sekotong. Seperti Gili Gede, Gili Asahan, Gili Layar, dan kemudian dilanjutkan ke wilayah perbukitan di Bunbeleng, Lembar.

Ketua Panitia LTM ke-9, Suriani menambahkan bahwa para buyer juga akan diajak berpetualang menikmati kekayaan gugusan gili-gili cantik dan perbukitannya. Hal itu sesuai dengan tema yang diusung dalam LTM tahun ini, yakni ‘Exclusive Adventure’.

- Advertisement -

“Setelah table top diselenggarakan kami akan membawa para buyers undangan yang notabene adalah pemilik travel agent besar se-Indonesia dan mancanegara ini tur dengan menggunakan double cabin. Yang nantinya kami akan berkolaborasi dengan teman-teman community double cabin NTB,” terang Suriani.

Lombok Travel Mart sendiri diselenggarakan untuk memperkenalkan destinasi-destinasi baru yang ada di Lombok. Dengan harapan supaya destinasi yang sebelumnya dinilai sepi, bisa menjadi ramai usai terselenggaranya LTM.

“Pink Beach pertama kali sebelum terkenal sampai saat ini kami yang pertama promosikan dan angkat di Lombok Travel Mart ke 3 tahun 2016, dan akhirnya diminati dan dibuat paket tournya oleh teman-teman buyers yang datang. Jadi setiap tamu yang memilih tour ke Lombok lebih dari 3 hari akan memilih paket tour yang ada pink beach,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dispar Lobar, Irman Sumantri berharap ajang ini dapat menarik minat kunjungan wisatawan ke Lombok Barat.

“Jadi dengan adanya Lombok Travel Mart ini, selain menjual paket wisata juga bisa mendorong kedatangan wisatawan dan transaksi pariwisata bisa naik di sini. Selain itu juga kita berharap ajang ini dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi kita selaku instansi pemerintah dengan mitra-mitra kita seperti ASPPI dan asosiasi lainnya,” harap Irman. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer