31.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaDaerahMasyarakat Mbojo Diajak Teladani Spirit Perjuangan Sultan Abdul Kahir Bima

Masyarakat Mbojo Diajak Teladani Spirit Perjuangan Sultan Abdul Kahir Bima

Kota Bima (Inside Lombok) – Kepala Kanwil Kemenag NTB, H Zamroni Aziz mengajak masyarakat Mbojo dan NTB meneladani spirit perjuangan Sultan Abdul Kahir Bima. Sultan Abdul Kahir merupakan Sultan Bima pertama yang melahirkan sultan-sultan Bima yang memiliki jasa yang luar biasa dan patut dijadikan spirit bagi generasi bangsa.

“Tentu, kita sebagai generasi penerus, bukan hanya zuriat (keturunan, Red) seluruh masyarakat yang ada di Mbojo Bima, Dompu dan seluruh masyarakat untuk mengenang beliau (Sultan Abdul Kahir, red) yang membawa Islam pertama di Pulau Sumbawa, khususnya di Bima, kita harus menghargai sebagai generasi penerus,” ujarnya saat ziarah makam di Dana Traha, Komplek Pemakaman Kesultanan Bima, Jumat (17/11) kemarin.

Harapan kita, kita generasi penerus ini bisa mencontohi, menjadi uswah hasanah bagi kita, bagaimana keikhlasan beliau, keteguhan, tidak hanya mementing diri, keluarga tetapi lebih mementingkan kepentingan masyarakat, sehingga kita saksikan Bima, Kota Bima dan Dompu menjadi luar biasa.

Ia berharap, jajaran Kemenag NTB bisa meneladani perjuangan pahlawan untuk diimplementasikan dalam lingkungan kerja sehari-hari, sehingga keberadaan Kemenag NTB bisa sangat dirasakan oleh masyarakat luas.

- Advertisement -

“Diharapkan ASN dan para generasi penerus dapat mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkan para pahlawan dan sekaligus mendoakan agar para kusuma bangsa yang telah mendahului kita mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” imbaunya.

Zamroni berpesan berpesan kepada masyarakat Bima untuk terus membangun semangat gotong royong dalam kehidupan bernegara, tanpa mempertimbangkan adanya perbedaan suku, agama dan ras.

“Gotong royong menjadi sumber kekuatan bagi kita dalam menciptakan harmoni kerukunan. Tanpa memandang agama dan segala macamnya. Karena pada hakikatnya, perbedaan dalam kebersamaan menjadi sebuah keniscayaan yang harusme bisa kita terima,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Kemenag Kota Bima, H Syahrir menambahkan ziarah makam Sultan Abdul Kahir ini merupakan momentum yang sangat ditunggu oleh seluruh ASN Kemenag Kota dan Kabupaten Bima. “Kami sampaikan terimakasih kepada Kanwil Kemenag NTB H Zamroni Aziz didampingi Ketua DPW Kemenag NTB, Megawati Lestari atas kehadiran di ,” ucapnya. (r)

- Advertisement -

Berita Populer