27.5 C
Mataram
Sabtu, 20 April 2024
BerandaDaerahNTBKesempatan Terbatas, Akhirnya LPKN Training Center Gelar Program PKK Platinum

Kesempatan Terbatas, Akhirnya LPKN Training Center Gelar Program PKK Platinum

Mataram (Inside Lombok) – Tahun ini pertama kalinya LPKN Training Center akhirnya bersedia menerima tawaran untuk menjalankan program PKK dari Direktorat Pelatihan dan Kursus. Pada Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Platinum bidang Perhotelan 2023 ini, sebanyak 48 orang peserta.

Direktur Lembaga Pendidikan Kompetensi Nasional (LPKN) Training Center, Naktika Sari Dewi,SE.MM mengatakan para peserta yang ikut pada program PKK Platinum ini dari kalangan masyarakat kurang mampu. Lulusan yang akan dihasilkan dari pelatihan ini merupakan SDM yang sudah siap kerja.

“Melalui program PKK ini orientasinya adalah bekerja. Karena ada 2 bulan teori dan enam bulan magang di industri. Dengan harapan peserta sudah siap bekerja,” katanya Senin (25/9) pagi.

Ia mengatakan, setelah pemberian teori dan praktik, selanjutnya tahapan magang menjadi bagian yang sangat penting untuk mencapai kesiapan kerja 100 persen. Karena melalui program ini, pemerintah bisa mengurangi angka pengangguran secara nasional.

- Advertisement -

“Dapat meningkatkan SDM Indonesia dan kesejahtraan rakyat Indonesia melalui program PKK Platinum,” ujarnya.

Program PKK platinum merupakan agenda setiap tahun pemerintah pusat. Hanya saja, LPKN Training Center baru pertama kali ikut terlibat. Hal ini dikarenakan peserta reguler di LPKN sudah cukup banyak.

“Pada kesempatan ini kami sengaja menyusun tim untuk bisa menyelenggarakan program ini secara khusus,” ungkap Dewi sapaan akrbanya.

Dewi menambahkan, rentan usia yang bisa mengikuti program PKK Platinum ini yaitu 17-25 tahun. Alasan mengakomodir usia produktif tersebut agar tetap memiliki keahlian meski tidak melanjutkan ke jenjang sekolah formal.

“Ini mereka usia sekolah tapi tidak sekolah. Namun karena sesuatu dan lain hal mereka tidak bisa melanjutkan. Jadi program ini pas untuk meningkatkan keterampilan dan skill,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf mengatakan sangat mengapresiasi program PKK Platinum yang direalisasikan pemerintah pusat melalui Direktorat Pelatihan dan Kursus. Karena melalui program ini bisa menekan angka pengangguran di daerah.

“Kursus ini sangat bermanfaat bagi adik-adik yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Ia meminta agar para peserta bisa memanfaatkan rogram PKK Platinum tersebut dengan baik. Mengikuti semua pelatihan yang diberikan. “Ini kesempatan yang sangat baik untuk dioptimalkan. Karena kalau sudah punya sertifikat profesi nanti bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan,” tutupnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer