27.5 C
Mataram
Selasa, 27 Februari 2024
BerandaEkonomiAwal Musim Hujan, Harga Bapokting di Lotim Relatif Stabil

Awal Musim Hujan, Harga Bapokting di Lotim Relatif Stabil

Lombok Timur (Inside Lombok) – Memasuki awal musim hujan, harga komoditas bahan pokok penting (bapokting) di Lombok Timur (Lotim) masih terpantau stabil. Kendati demikian ada beberapa harga komoditi yang dikhawatirkan akan naik pada musim penghujan saat ini.

Kepala Bidang Bapokting Dinas Perdagangan (Disdag) Lotim, Saiful Wathoni mengatakan untuk saat ini semua komoditi di pasar yang ada di Lotim masih terpantau aman, meski ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga namun tidak signifikan dan relatif stabil. “Alhamdulillah harga komoditi masih relatif stabil dan wajar,” ucapnya, Senin (04/12/2023).

Saiful juga mengatakan harga komoditi di pasaran sangat fluktuatif. Terkadang harga bisa naik dan turun setiap harinya. Namun saat ini kondisi harga komoditi relatif stabil meski sudah memasuki musim penghujan. “Turun naik harganya di pasar kadang hari ini naik bisa jadi besok turun,” terangnya.

Sementara itu beberapa komoditi yang dikhawatirkan dapat naik harga pada musim hujan yakni cabai dan beras. Sebab pada musim penghujan stok menjadi menipis dikarenakan para petani tak berani menanam komoditi tersebut karena dikhawatirkan gagal panen karena hujan khususnya pada tanaman cabai. “Biasanya cabai yang dapat mengalami kenaikan, kalau untuk beras kita tetap jaga harga dan ketersediaannya,” tuturnya.

- Advertisement -

Saiful menegaskan harga cabai itu cenderung menjadi kewenangan pasar sepenuhnya, karenanya Pemda Lotim melalui Disdag berupaya melakukan pendekatan kepada para pedagang besar cabai di untuk dapat bersama-sama menjaga ketersediaan stok komoditi tersebut.

“Kita lakukan pendekatan dengan para petani dan pedagang untuk menjaga ketersediaannya dengan tidak mengirim sepenuhnya komoditi tersebut ke luar daerah,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer