27.5 C
Mataram
Rabu, 1 Mei 2024
BerandaEkonomiKecipratan Buah Manis MotoGP, Kamar Hotel di Senggigi Banyak Terpesan

Kecipratan Buah Manis MotoGP, Kamar Hotel di Senggigi Banyak Terpesan

Lombok Barat (Inside Lombok) – Buah manis perayaan MotoGP Mandalika di 2023 ini dinilai tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya oleh para pelaku industri perhotelan di wilayah Senggigi. Rata-rata kamar hotel berbintang yang ada di sana bahkan sudah terpesan habis selama periode balapan kelas dunia itu berlangsung.

Lama menginap para tamu di daerah wisata andalan Lobar itu pun rata-rata mencapai 3 hari. “Rata-rata tamu menginap selama periode MotoGP besok itu 3-4 hari,” ujar General Manager (GM) Merumatta Senggigi, Fahrurrazi saat dikonfirmasi, Jumat (06/10/2023).

Jika pada tahun lalu pesanan kamar sudah ramai sejak awal persiapan MotoGP Mandalika, tahun ini diakui agar berbeda, karena peningkatan pemesanan justru terjadi di hari-hari terakhir jelang balapan dilaksanakan.

“Sehingga okupansi kami saat ini merangkak naik. Satu minggu yang lalu baru di kisaran 50 persen, tapi saat ini sudah di 80 persen. Dan prediksi kami H-1 akan penuh 100 persen dari 166 jumlah kamar. Karena adanya perbedaan tren pemesanan,” bebernya.

- Advertisement -

Kendati diakuinya dari total penonton MotoGP yang memesan kamar di sana adalah wisatawan lokal. Namun, jumlah pemesanan dari wisatawan mancanegara juga mengalami peningkatan. Bahkan 30 persen dari keseluruhan tamu yang menginap adalah wisatawan mancanegara.

Kondisi berbeda terjadi di Holiday Resort, di mana pesanan kamarnya dari para penonton MotoGP justru sudah hampir penuh sejak jadwal MotoGP tahun ini resmi dirilis. “Untuk okupansi selama periode MotoGP besok bagus, (bookingan kamar) kita (Holiday Resort, Red) 98 persen,” ungkap GM Holiday Resort, Ketut M Jaya Kusuma.

Rata-rata lama menginap wisatawan di resort itu pun disebutnya berkisar 3-4 hari, di mana dari total tamu yang menginap sekitar 10 persennya adalah wisatawan mancanegara. “Di kita sama (tidak ada perbandingan), tahun ini kita penuh juga,” pungkasnya.

Hal senada diutarakan oleh GM Aruna Senggigi, Weni Kristanti yang menyebut tingkat hunian mereka selama periode MotoGP nanti sudah 100 persen. Kondisi itu juga diakuinya sama seperti saat gelaran perdana MotoGP Mandalika tahun lalu. “Periode MotoGP kami (Aruna, Red) full 100 persen. Rata-rata tamu menginap 3 hari 2 malam,” tandasnya. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer