27.5 C
Mataram
Jumat, 26 April 2024
BerandaEkonomiLIMOFF Bakal Digelar, Promosikan Warisan Budaya NTB Lewat Fesyen

LIMOFF Bakal Digelar, Promosikan Warisan Budaya NTB Lewat Fesyen

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB akan menyelenggarakan Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempromosikan warisan budaya NTB melalui fesyen yang eksistensi industrialisasinya tengah didorong oleh pemda.

Selain fesyen, LIMOFF akan menjadi ajang promosi sektor unggulan lainnya di NTB, yaitu pariwisata, kerajinan tangan, kecantikan, dan kuliner halal. LIMOFF 2023 akan dimeriahkan pula dengan pemecahan rekor MURI Penenun Terbanyak.

“LIMOFF bertujuan untuk mempromosikan dan merayakan warisan budaya NTB agar dapat dikenal lebih luas melalui fesyen yang digabungkan dengan pariwisata, handicraft, kecantikan, dan kuliner,” ujar Ketua Dekranasda NTB sekaligus Founder LIMOFF, Niken Zulkieflimansyah, Rabu (7/6)

Festival ini sebagai showcase untuk menampilkan potensi karya para kreator sektor fesyen, yang meliputi jenama fesyen dan pengrajin tekstil di NTB. Nantinya, penyelenggaraan LIMOFF 2023 berlangsung selama 4 hari dan akan menghadirkan 150 desainer dan jenama fesyen baik lokal, nasional, hingga internasional pada kegiatan tersebut.

- Advertisement -

“Kami Dekranasda NTB berkolaborasi dengan Indonesian Fai dan akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan, diantaranya, peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow, dan pameran standar internasional,” terangnya.

Saat ini untuk kegiatan LIMOFF 2023 telah diperkenalkan dan dipromosikan ke berbagai kota besar di Indonesia, bahkan sampai ke Malaysia. Dengan maksud untuk mengundang desainer maupun jenama modest fesyen nasional dan internasional turut berpartisipasi dalam LIMOFF 2023. Sebelum acara puncak di Juli 2023, ada kegiatan Road to LIMOFF 2023 sudah dilaksanakan.

“Kegiatan Road to LIMOFF 2023 ini, kami menghadirkan pertunjukan tari kontemporer NTB, peragaan busana memperlihatkan karya yang akan ditampilkan dalam perhelatan LIMOFF 2023 mendatang, dan bazaar produk unggulan NTB,” tuturnya.

Dekranasda NTB juga bersinergi dengan Women’s International Club (WIC) Jakarta dan Sarinah. Niken mengatakan bahwa Sarinah sebagai panggung karya Indonesia yang memiliki tujuan untuk mengangkat budaya bangsa dan memperkenalkan karya-karya Indonesia kepada dunia internasional.

“Melalui acara Lombok International Modest Festival, Sarinah bersama dengan perempuan hebat dari Women’s International Club berkolaborasi dalam upaya untuk memberikan panggung bagi karya-karya Indonesia khususnya wastra dari Lombok, NTB untuk meningkatkan apresiasi terhadap kekayaan budaya bangsa,” bebernya.

Di sisi lain, Corporate Secretary PT Sarinah, Haslinda Triekasari mengungkapkan antusiasmenya terhadap peran PT Sarinah sebagai panggung karya untuk acara Lombok International Modest Festival. Bahkan ia bangga dapat menjadi bagian dari Lombok International Modest Fashion Festival yang memiliki misi yang sangat penting ini.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat mempromosikan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia, serta mendukung perkembangan industri modest fashion di Tanah Air, khususnya dari NTB,” jelasnya.

Perhelatan LIMOFF 2023 mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah Kementerian RI, Bank Indonesia, Bank NTB Syariah dan para stakeholder terkait lainnya, termasuk asosiasi fesyen Indonesia dan internasional, akademisi fesyen, serta komunitas fesyen dan wastra. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer