27.5 C
Mataram
Selasa, 19 Maret 2024
BerandaEkonomiPasarkan Produk Lokal NTB di Ibu Kota, NTB Mall Resmi Hadir di...

Pasarkan Produk Lokal NTB di Ibu Kota, NTB Mall Resmi Hadir di Jakarta

Mataram (Inside Lombok) – NTB Mall resmi hadir di Jakarta. Hal itu memungkinkan produk-produk lokal NTB bisa diakses secara langsung oleh wisatawan maupun masyarakat di sekitar ibu kota Indonesia.

Saat ini, outlet kedua NTB Mall resmi dibuka awal Juni 2023 di Wisma NTB Jl Garut V, Menteng, Jakarta Pusat. “Kini masyarakat NTB yang tinggal di Jakarta, ataupun warga sekitar ingin mencari oleh-oleh khas NTB, dan instansi di NTB ingin bawa oleh-oleh ke kantor pusat tidak perlu repot-repot bawa dari NTB, karena sudah ada di Jakarta,” ujar CEO NTB Mall, Indah Purwanti, Selasa (6/6).

Untuk outlet-outlet di Jakarta rencananya fokus pemasaran produk kuliner dan kriya, khususnya produk-produk turunan fesyen. Namun tidak semua produk lokal dipasarkan, melainkan disesuaikan dengan segmen kebutuhan pasar.

Sementara gerai di Wisma NTB disiapkan produk-produk turunan fesyen NTB. Seperti kain tenun, baju tenun, selendang, songket, dan sejenisnya. “NTB Mall Jakarta ini diisi oleh aneka ragam produk-produk unggulan UKM asli NTB, dan telah melalui tahap kurasi baik dari segi kualitas maupun izin dari setiap produk,” terangnya.

- Advertisement -

Setelah diresmikannya NTB Mall Jakarta diharapkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Baik secara nasional maupun internasional, sehingga UKM NTB turut merasakan dampak positif yang signifikan baik melalui income maupun engagement. “Adanya outlet-outlet NTB Mall di Jakarta mudah-mudahan menjadi peluang produk-produk lokal NTB menjangkau pasar lebih luas,” ucapnya.

Sebelumnya, ada tiga titik di Jakarta yang akan menjadi lokasi pengembangan outlet offline NTB Mall. Di antaranya di Wisma NTB di Jakarta, Sarinah, dan Smesco. Lokasi-lokasi tersebut merupakan sebagai pemasar seluruh produk-produk UMKM daerah. NTB Mall mendapatkan fasilitas gratis untuk outletnya. Tinggal NTB mall mendekorasi ruang yang akan dimanfaatkan sebagai pusat oleh-oleh khas NTB. Untuk Wisma NTB, NTB Mall mendapatkan fasilitas dari Pemprov NTB. Sedangkan gerai di Sarinah dan Smesco, difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB.

Sementara itu, NTB Mall Jakarta diresmikan langsung oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Ketua Dekranasda NTB sekaligus founder NTB Mall, Hj Niken Zulkieflimansyah. Acara Launching NTB Mall Jakarta ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan NTB, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Kepala Badan Penghubung Wisma NTB, Direktur NTB Mall, Ketua DPRD NTB, Ketua Dharma Wanita NTB, Forum Masyarakat Mbojo, Forum Masyarakat Sumbawa dan Forum Masyarakat Lombok.

“Kami juga ada MoU promosi produk-produk UKM NTB antara NTB Mall dan kepala Wisma NTB di Jakarta,” jelasnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer