30.5 C
Mataram
Kamis, 16 Mei 2024
BerandaEkonomiPemanfaatan Potensi Perairan NTB Bisa Beri Multiplier Effect bagi Masyarakat

Pemanfaatan Potensi Perairan NTB Bisa Beri Multiplier Effect bagi Masyarakat

Mataram (Inside Lombok) – Potensi perairan di NTB diakui cukup besar, terutama jika dimanfaatkan untuk menciptakan lingkungan hidup lebih sehat dan berkelimpahan. Upaya pemanfaatan potensi air itu juga dinilai bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah mencontohkan salah satu upaya pemanfaatan potensi air yang sudah dilakukan adalah pelepasliaran sekitar 500 ribu benih ikan di Danau Wisata Alam Gunung Jae, Lombok Barat. Kegiatan itu sekaligus menjadi cara menjaga ekosistem dan memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat.

Menurutnya, kegiatan tebar benih yang dilakukan memberikan multiplier effect bagi masyarakat. “Dari sisi ekonomi masuk, kesehatan masuk, dan sisi lingkungan juga masuk. Jadi perairan ini harus dijaga kualitasnya supaya makhluk hidup yang hidup di sini bisa hidup dengan baik,” ujar Rohmi, Senin (14/8).

Jika ikan yang ditebar sudah bisa dipanen, tingkat konsumsi ikan masyarakat diharapkan bisa meningkat, karena ikan juga merupakan sumber protein hewani. Apalagi saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya menurunkan angka stunting. Di mana salah satu sumber protein hewani yang mudah dan murah selain telur adalah ikan.

- Advertisement -

“Karena potensinya sangat banyak di daerah kita. Maka dari itu ayo kita dorong potensi ini semua. Ini bagus sekali untuk meningkatkan konsumsi protein hewani di NTB,” tuturnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer