Valentino Rossi Tak Sabar ‘Ngepot’ di Sirkuit Mandalika

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Pebalap Valentino Rossi menyatakan kesiapannya untuk berlaga di MotoGP Mandalika tahun depan. Menurut Rossi, proyek Sirkuit MotoGP Mandalika adalah sebuah proyek baru yang akan sangat menyenangkan.

“Treknya akan sangat menarik, baru, dibuat dari nol. Saya melihat gambarnya, lokasinya dekat pantai. Itu suatu project yang baru”,kata Rossi dalam video yang diunggah di akun instagram resmi MotoGP, Minggu (27/9/2020).

Dia berharap untuk bisa hadir di event MotoGP yang akan dilaksanakan di sirkuit Mandalika itu.

Dalam video itu, Rossi juga menuturkan bahwa selama karirnya ia telah sering ke Indonesia. Pada tahun 1997 dia pernah balapan di Sentul dan menang. Dalam beberapa kesempatan lain, dia juga bertandang ke Indonesia.

“Karena ada projects dari Yamaha. Ketertarikan pada MotoGP di Indonesia sangat luar biasa, kadang itu susah dikontrol. Jadi saya sangat senang berada di sana, kami punya banyak fans”, imbuhnya.

Sementara itu, pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terus dikebut.

Managing Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Karyoka belum lama ini mengatakan, hingga pertengahan September, progres pembangunan sirkuit MotoGP sudah mencapai 70 persen.

Sedangkan pengaspalan lintasan rencananya akan dilakukan pada bulan Januari 2021. “Ground work-nya sudah sekitar 70 persen dan nanti pengaspalan sekitar Januari”,katanya.

Dikatakan bahwa event MotoGP tidak boleh mundur dari jadwal yang telah ditetapkan, yakni bulan Oktober 2021 mendatang. “Sesuai dengan keputusan pemerintah”,lanjutnya.

Sehingga pembangunan sirkuit MotoGP harus dikebut agar pelaksanaan event balap dunia itu tidak meleset dari jadwal yang telah ditetapkan.

Adapun pengaspalan sirkuit MotoGP berbeda dengan pengaspalan jalan-jalan biasa. “Dia tidak boleh putus 4,32 km harus langsung tahap satu, tahap dua harus langsung tidak boleh ada sambungan”,jelasnya.

Karena itu, walaupun pembangunan dasar sirkuit sudah dilakukan, tapi pengaspalan tidak bisa dilakukan dulu karena pembangunan dasar harus tuntas dulu seluruhnya. “Makanya teman-teman di lapangan melakukan pengosongan lahan. Itu bagian dari itu”,pungkasnya.

Pembangunan sirkuit MotoGP ini ditarget tuntas bulan Juni tahun 2021. Sehingga pada Juli-September akan dilakukan pengecekan lintasan oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP.

“Diharapkan Oktober bisa jalan MotoGP”,katanya.