30.5 C
Mataram
Jumat, 21 Juni 2024
BerandaKriminal5,5 Kilometer Kabel PJU Bypass Mandalika Hilang Lagi

5,5 Kilometer Kabel PJU Bypass Mandalika Hilang Lagi

Lombok Tengah (InsIde Lombok) – Kabel penerang jalan umum (PJU) jalan bypass jurusan Bandara Lombok – Mandalika dicuri lagi. Kasus pencurian kabel di jalur tersebut menjadi yang ketiga kalinya. Sebelumnya kabel PJU bypass juga dicuri sepanjang hampir 3 kilometer dan sempat diperbaiki saat menyambut gelaran World Superbike (WSBK) belum lama ini.

Kepala Dinas Perhubungan Loteng, Lalu Supardan mengatakan kabel PJU yang hilang kali ini hampir sepanjang 5.500 meter. “Ini sudah 3 kali dicuri dan kami sudah sampaikan ke Dishub Provinsi untuk dilanjutkan ke Kemenhub sebagai pemilik aset,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Dikatakan, sebelumnya saat menyambut WSBK Kementerian Perhubungan telah memperbaiki kabel yang hilang dilokasi tersebut sepanjang 4.800 meter, dengan 17.000 meter rangkaian dan 340 titik lampu.

Pihaknya baru mengetahui kehilangan kabel itu pada, Senin (20/3) lalu, saat mengecek kondisi PJU sepanjang jalan bypass. Untuk mengantisipasi hal tersebut terulang, pihaknya telah menyarankan kepada Kementerian Perhubungan supaya menggunakan kabel atas yang dirasa lebih aman dari jangkauan pencuri.

- Advertisement -

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga fasilitas publik. “Kami sudah usulkan ke Provinsi dan Kemenhub termasuk ke Balai Jalan Nasional agar menggunakan kabel atas. Memang kurang estetika dan indah, tapi aman kabelnya,” ujarnya.

Kasus itu pun disebutnya sudah dilaporkan ke pihak kepolisian. “Saya dapat informasi yang melakukan pencurian pertama sudah dilaporkan ke polisi. Kalau kedua dan ketiga ini kami kurang tahu,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer